Data logging pemakaian energi listrik pada konsumen menggunakan SMS / Franky Dwi Setyaatmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Data logging pemakaian energi listrik pada konsumen menggunakan SMS / Franky Dwi Setyaatmoko

Franky Dwi Setyaatmoko (2007) Data logging pemakaian energi listrik pada konsumen menggunakan SMS / Franky Dwi Setyaatmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwi Setyaatmoko Franky. 2007. Data Logging Pemakaian Energi Listrik Pada Konsumen Menggunakan SMS. Proyek akhir Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T. dan (II) Drs. Hari Putranto. Kata kunci Data logging Mikrokontroler Database komputer. Data Logging merupakan historical data files untuk setiap kejadian yang terjadi pada sistem yang berguna untuk keperluan pemeliharaan ataupun review data-data sebelum dan sesudah kejadian. Untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan merupakan keinginan dari setiap perusahaan yang bergerak di semua bidang jasa termasuk perusahaan listrik yang ada di Indonesia yaitu PT. PLN. Sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa kelistrikan berusaha meningkatkan kualitas pelayanannya baik dalam hal pemasangan pembayaran maupun pecatatan data kwhmeter. Dalam hal pencatatan data kwh meter ini biasanya dilakukan secara manual yaitu ada petugas khusus dari PLN yang mendatangi dari rumah ke rumah untuk melakukan pencatatan data kwhmeter. Kenyataannya ini kurang efektif karena petugas pencatat data kwh meter sering kali tidak bisa mencatat data kwh meter disebabkan keadaaan pagar rumah yang tinggi dan terkunci selain itu juga mengganggu privasi pelanggan sehingga tidak jarang menimbulkan permasalahan keakuratan data. Sebagai penunjang dalam data logging pemakaian energi listrik maka dibutuhkan suatu alat yang dapat mengambil data pemakaian energi listrik pada konsumen secara otomatis. Tujuan dalam tugas akhir ini sebagai berikut (1) Merencanakan sistem Data Logging Pemakaian Energi Listrik pada konsumen Menggunakan SMS. (2) Merakit sistem Data Logging Pemakaian Energi Listrik pada konsumen Menggunakan SMS. (3) Uji coba dari sistem Data Logging Pemakaian Energi Listrik pada konsumen Menggunakan SMS. Rangkaian Data Logging Pemakaian Energi Listrik Pada Konsumen Menggunakan SMS terdiri atas (1) Rangkaian sensor (2) Pengkondisi sinyal (3) ADC (4) Mikrokontroler (5) LCD (6) Handphone pengirim dan penerima (7) Database komputer. Proses pengambilan data energi tersebut dimulai dengan mendeteksi arus dan tegangan yang berasal dari jala-jala listrik. Lalu sinyal tersebut dikuatkan dan disangga dengan pengkondisi sinyal. Kemudian sinyal output dari pengkondisi sinyal masuk ke ADC untuk dikonversi dari sinyal analog menjadi sinyal digital. Sinyal digital tersebut lalu diproses oleh mikrokontroler dan ditampilkan ke LCD berupa nilai arus tegangan dan energi listrik. Setelah itu output yang telah diolah di mikrokontroler ditransfer ke handphone pengirim. Output handphone yang berupa SMS dikirim ke handphone penerima dan langsung dimasukkan ke database komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pengambilan data pemakaian energi listrik dilakukan pada setiap 1 jam sekali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272563

Actions (login required)

View Item View Item