Pendeteksi golongan darah dan pengukur kadar hemoglobin pada manusia / Hendy Ardhi Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendeteksi golongan darah dan pengukur kadar hemoglobin pada manusia / Hendy Ardhi Nugraha

Hendy Ardhi Nugraha (2007) Pendeteksi golongan darah dan pengukur kadar hemoglobin pada manusia / Hendy Ardhi Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendeteksi golongan darah dan pengukuran kadar hemoglobin merupakan suatu parameter yang sangat penting dalam perancangan produk khususnya di bidang kesehatan atau kedokteran. Penentuan jenis golongan darah dan pengukuran kadar hemoglobin pada manusia harus dilakukan secara tepat dan ekonomis. Sistem yang ada sekarang ini masih kurang ekonomis sehingga perlu adanya alat pendeteksi golongan darah dan pengukur kadar hemoglobin yang tepat dan ekonomis. Perancangan dan pembuatan alat ini menggunakan metode literatur dan experimen atau percobaan yang mengacu pada reaksi penggumpalan dan kepekatan pada darah manusia. Alat ini dirancang menggunakan LED dan LDR yang didukung oleh mikrokontroler AT89S51 sebagai pengontrol proses untuk penentuan jenis golongan darah dan besarnya kadar hemoglobin dan hasil pembacaan ditampilkan pada display berupa LCD. Sedangkan untuk membantu terjadinya reaksi penggumpalan pada darah menggunakan cairan antisera. Kemampuan yang dimiliki alat ini meliputi untuk mendeteksi golongan darah dan untuk mengukur kadar hemoglobin pada darah manusia. Hasil pengujian dan analisis alat ini diperoleh bahwa (1) untuk mendeteksi golongan darah dan untuk mengukur kadar hemoglobin dengan menggunakan sensor LED dan LDR (2) pengkondisi Sinyal dirancang dengan menggunakan op-amp komparator dan non-inverting yang mampu membandingkan dan menguatkan besaran analog dari rangkaian sensor menjadi besaran analog yang lebih besar untuk diumpankan ke ADC (3) rangkaian ADC dirancang untuk mengkonversikan besaran analog menjadi besaran digital (4) mikrokontroler tipe AT89S51 digunakan untuk mengkontrol dan untuk menampilkan jenis golongan darah dan besarnya kadar hemoglobin pada display berupa LCD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272553

Actions (login required)

View Item View Item