Alat pembuat stempel otomatis menggunakan cahaya blitz berbasis mikrokontroler / M. Yusuf Satya Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Alat pembuat stempel otomatis menggunakan cahaya blitz berbasis mikrokontroler / M. Yusuf Satya Saputra

M. Yusuf Satya Saputra (2007) Alat pembuat stempel otomatis menggunakan cahaya blitz berbasis mikrokontroler / M. Yusuf Satya Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini menuntut mahasiswa sebagai insan akademis untuk peka terhadap kebutuhan masyarakat. Kebutuhan tersebut adalah berupa teknologi yang diterapkan untuk mempermudah manusia dalam membuat stempel. Stempel merupakan sebuah alat yang banyak digunakan dan dibutuhkan oleh orang banyak karena hampir setiap industri instansi sekolah lembaga-lembaga hingga pribadi selalu menggunakan alat tersebut. Ini memberikan sebuah gambaran bahwa stempel pada saat ini mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia karena hampir segala aktifitas keadministrasian baik itu surat-menyurat sertifikat nota/kuitansi transaksi selalu menggunakan stempel sebagai alat pengesahan dokumen-dokumen. Tidak sah sebuah aktifitas kesekretariatan dan administrasi jika tidak dibubuhi cap/stempel. Alat pembuat stempel otomatis menggunakan cahaya blitz berbasis mikrokontroler tersusun dari beberapa komponen yaitu (1) Keypad 4 x 3 sebagai media pengaturan nilai T On (waktu hidup lampu) T Off (waktu mati lampu) dan jumlah blitz yang diinginkan (2) Push button digunakan untuk menjalankan alat (3) LCD M1632 sebagai display digunakan untuk mempermudah pengaturan dan petunjuk pengoperasian alat (4) Rangkaian driver lampu digunakan untuk mengaktifkan lampu halogen yang terhubung dengan Mikrokontroler dan tegangan AC 220 V (5) Mikrokontroler AT89S51 sebagai pusat pengkoordinasi kerja seluruh sistem. Keseluruhan kerja sistem alat ini dikendalikan oleh Mikrokontroler AT89S51 dengan menggunakan bahasa pemrograman Assembly. Dari hasil pengujian dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu (1) Penggunaan Liquid Crystal Display (LCD) untuk menampilkan petunjuk penggunaan alat dan menampilkan setting Ton (waktu hidup lampu) TOff (waktu mati lampu) dan jumlah blitz alat dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan (2) Pemberian instruksi berupa karakter dari keypad 4 x 3 yang bertujuan memudahkan penggunaan alat dalam mengoperasikannya sesuai dengan yang diharapkan awal yaitu berfungsi mengatur T On (waktu hidup lampu) T Off (waktu mati lampu) dan jumlah blitz yang diinginkan (3) Mikrokontroler AT89S51 pada alat ini berfungsi sebagai kontrol utama alat berfungsi dengan baik (4) Percobaan berupa penyinaran yang dilakukan telah mendapatkan sebuah data yang dapat digunakan untuk menentukan penyinaran sesuai dengan keinginan idealnya yaitu pada kisaran TOn 50 - 70 TOff 9000 dengan jumlah blitz diatas 100 kali (5) Dari hasil percobaan-percobaan yang dilakukan lampu yang sesuai terhadap karakteristik karet flash adalah lampu blitz foto yang berukuran besar dikarenakan sulit di dapat dipasaran maka dilakukan inovasi dengan cara mengganti dengan lampu halogen yang memiliki watt terendah yaitu 150 watt agar karet tidak meleleh akibat suhu yang dikeluarkan lampu terlalu besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272551

Actions (login required)

View Item View Item