Koneksi lokal 2 PLC omron CPM1A via adapter RS 232C sebagai sistem kontrol traffic light / Yosep Mahardika - Repositori Universitas Negeri Malang

Koneksi lokal 2 PLC omron CPM1A via adapter RS 232C sebagai sistem kontrol traffic light / Yosep Mahardika

Yosep Mahardika (2007) Koneksi lokal 2 PLC omron CPM1A via adapter RS 232C sebagai sistem kontrol traffic light / Yosep Mahardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PLC semakin diminati oleh industri terutama untuk mengontrol mesin-mesin berat dan mengontrol sistem yang membutuhkan banyak saklar. Tetapi dalam kenyatannya terkadang jumlah I/O PLC tidak mencukupi kebutuhan kontrol suatu sistem. Keterbatasan jumlah I/O menjadi alasan utama dalam pembuatan koneksi lokal PLC. Koneksi lokal PLC dapat dilakukan dengan koneksi 1 PLC dengan 1 PLC lain atau 1 PLC dengan banyak PLC lain. Sehingga jumlah I/O yang terbatas pada 1 unit PLC dapat diatasi dengan adanya koneksi lokal PLC. Salah satu jenis PLC adalah OMRON CPM1A. Jenis ini mempunyai I/O sejumlah 10 masing-masing 6 input dan 4 output. Untuk kebutuhan industri misalnya otomatisasi lampu lalu-lintas yang membutuhkan sedikitnya 6 output bisa digunakan koneksi lokal PLC OMROM CPM1A sebanyak 2 buah (host link 2-PLC). Untuk hardware yang digunakan antara lain kabel RS-232C Adapter RS 232C. Sedangkan pengaplikasiannya digunakan pada sistem kontrol lampu Lalu-lintas. Rumusan masalah dalam koneksi lokal 2 PLC adalah Bagaimana koneksi lokal PLC Omron CPM1A Bagaimana merancang sistem kendali traffic light dengan komunikasi master-slave Bagaimana unjuk kerja koneksi lokal 2 PLC via adapter RS 232C untuk mengontrol traffic light. Metode yang digunakan dalam perancangan koneksi lokal 2 PLC adalah Merancang sistem koneksi PLC Merancang koneksi output pada aplikasi Lampu Lalu-lintas Memasukkan data program pada PLC Sistem berjalan dan diuji. Berdasarkan pengujian didapat hasil sebagai berikut Koneksi lokal PLC dapat bekerja sesuai perancangan Mampu mengendalikan sistem traffic light dengan baik.. Banyaknya kebutuhan pengontrolan pada kemajuan teknologi seharusnya diimbangi dengan alat kontrol yang memadai. Dengan menggunakan PLC yang I/O-nya memadai dan dapat memanfaatkan keterbatasan alat guna menunjang keberadaan sistem pengontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272549

Actions (login required)

View Item View Item