Rancang bangun sumber energi mandiri untuk sistem mitigasi bencana pada waduk / Bambang Setio Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sumber energi mandiri untuk sistem mitigasi bencana pada waduk / Bambang Setio Utomo

Utomo, Bambang Setio (2022) Rancang bangun sumber energi mandiri untuk sistem mitigasi bencana pada waduk / Bambang Setio Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Energi matahari merupakan salah satu energi baru dan terbarukan yang aktif dikembangkan di Indonesia. Negara Indonesia memiliki potensi energi matahari dengan rata-rata 4 8 kWh/m2/hari yang dapat dimanfaatkan sebagai energi baru terbarukan berupa energi listrik. Energi listrik dapat digunakan pada kehidupan sehari-hari misalnya untuk suplay energi untuk industri dan peralatan elektronika contohnya sebagai peralatan sistem mitigasi. Sistem mitigasi bencana pada waduk merupakan salah satu cara penanggulangan bencana yang terjadi pada waduk. Tugas akhir ini membahas mengenai rancang bangun sumber energi mandiri untuk sistem mitigasi bencana pada waduk dimana sumber energi mandiri menggunakan sumber listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan sistem off grid. Sumber energi yang berasal dari solar panel akan bekerja secara off grid dengan energi disimpan pada baterai yang akan digunakan selama dua puluh empat jam. Pengujian berupa proses pengisian energi ke baterai dan proses energi yang digunakan untuk sistem selama dua puluh empat jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 00:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272543

Actions (login required)

View Item View Item