Penggunaan filler sabut kelapa pada campuran aspal ac-bc ditinjau dari parameter marshall / Mita Rosdiana Novanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan filler sabut kelapa pada campuran aspal ac-bc ditinjau dari parameter marshall / Mita Rosdiana Novanti

Novanti, Mita Rosdiana (2021) Penggunaan filler sabut kelapa pada campuran aspal ac-bc ditinjau dari parameter marshall / Mita Rosdiana Novanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan filler pada campuran aspal sangatlah penting karena fungsi filler sendiri merupakan bahan pengisi pada rongga campuran aspal yang akan meningkatkan kuat ikat pada campuran sehingga diharapkan dapat meningkatkan kadar nilai stabilitas yang dimiliki campuran aspal terkhusus pada campuran aspal AC-BC. Variasi filler sandiri ada banyak macamnya termasuk limbah sabut kelapa dapat digunakan sebagai variasi filler. Tujuan dari penelitian ini (1) mendeskripsikan karakteristik bahan penyusun campuran Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC) dengan menggunakan variasi kadar filler sabut kelapa (2) mendeskripsikan penggunaan variasi kadar filler sabut kelapa pada Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC) ditinjau dari parameter marshall. Metode penelitian yng digunakan meliputi (1) studi literature (2) pemilihan dan pengujian bahan (3) pembuatan benda uji dengan variasi kadar aspal 5% 5 5% 6% 6 5% 7% dengan variasi kadar filler abu sabut kelapa 0% 25% 50% 75% 100% (4) pengujian dengan Marshal sesuai dengan spesifikasi pada Bina Marga 2018. Hasil penelitian ini diperoleh (1) karakteristik keseluruhan dari agregat kasar agregat halus dan aspal yang digunakan sebagai campuran aspal AC-BC memenuhi standar yang telah ditetapkan. (2) Campuran terbaik diperoleh kadar aspal 5 5% dengan kadar filler 25%. Penggunaan sabut kelapa sebagai filler pada campuran aspal AC-BC ditinjau dari parameter marshall mencakup (a) nilai stabilitas tertinggi diperoleh pada kadar aspal 5 5% dengan variasi kadar filler 25% sebesar 980 94 kg (b) nilai flow meningkat seiring bertambahnya kadar aspal (c) nilai MQ mengalami penurunan pada kadar aspal 6% (d) nilai VIM mengalami penurunan dengan bertambahnya aspal (e) nilai VMA dan VFA mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya kadar aspal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > D3 Teknik Sipil dan Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272506

Actions (login required)

View Item View Item