Pengaruh penggunaan serbuk bata merah sebagai filler pada perkerasan ac-wc untuk lalu lintas berat / Yuolanda Febrian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan serbuk bata merah sebagai filler pada perkerasan ac-wc untuk lalu lintas berat / Yuolanda Febrian

Febrian, Yuolanda Febrian (2021) Pengaruh penggunaan serbuk bata merah sebagai filler pada perkerasan ac-wc untuk lalu lintas berat / Yuolanda Febrian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aspal beton (Laston) atau Asphalt Concrete(AC) terdiri dari lapisan AC-WC AC-BC AC-Base. AC-WC adalah lapisan paling atas dan lapisan pertama yang bergesekan langsung dengan roda kendaraan serta berfungsi mendistribusikan beban kelapisan bawahnya. Untuk mendapatkan lapisan yang lebih baik maka digunakan variasi kadar filler semen dengan batu bata merah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik bahan penyusun yang digunakan dalam campuran AC-WC (2) mengetahui karakteristik penggunaan filler bata merah terhadap lalu lintas berat yang ditinjau dari parameter Marshall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini (1) studi literatur (2) pemilihan dan pengujian bahan (3) pembuatan benda uji pada kadar aspal 5% 5 5% 6% 6 5% dan 7% dengan kadar filler bata merah 0% 25% 50% 75% dan 100% (4) pengujian Marshall dalam metode pengujian yang dilakukan menggunakan standar spesifikasi umum Bina Marga (2018). Hasil penelitian yang didapatkan (1) Karakteristik bahan penyusun yang digunakan dalam campuran AC-WC telah memenuhi syarat yang telah ditentukan Bina Marga (2018). (2) Karakteristik penggunaan filler batu bata merah ditinjau dari parameter Marshall (a) nilai stabilitas dan MQ mengalami kenaikan namun semakin banyak kadar aspal dan filler bata merah mengalami penurunan (b) nilai flow mengalami penurunan namun seiring bertambahnya kadar aspal dan filler bata merah mengalami kenaikan (c) nilai VMA dan VFA mengalami peningkatan seiring dengan ditambahkannya kadar aspal dan variasi filler batu bata dengan semen (d) nilai VIM mengalami penurunan seiring dengan ditambahkannya kadar aspal dan variasi filler bata merah dengan semen. Penelitian ini telah memenuhi spesifikasi yang telah disyaratkan oleh Bina Marga dan juga bisa digunakan untuk penggunaan lalu lintas berat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > D3 Teknik Sipil dan Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272505

Actions (login required)

View Item View Item