Analisis perbedaan hasil pengukuran beda tinggi menggunakan total station dengan penyipat datar / SALMA NURANA PRASYA - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbedaan hasil pengukuran beda tinggi menggunakan total station dengan penyipat datar / SALMA NURANA PRASYA

Prasya, Salma Nurana Prasya (2022) Analisis perbedaan hasil pengukuran beda tinggi menggunakan total station dengan penyipat datar / SALMA NURANA PRASYA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang seiring dengan pergantian zaman peralatan dalam bidang pengukuran juga ikut berkembang sehingga tiap peralatan yang baru perlu diperiksa tingkatan ketelitian dan efisiensinya. Berdasarkan uraian diatas perlu dilakukan sebuah penelitian untuk mengetahui perbedaan pengukuran beda tinggi yang dilakukan dengan alat Total Station Topcon GTS-229 dibandingkan dengan alat Waterpass Topcon AT-F3. Waterpass dan total station adalah alat yang dapat digunakan oleh juru ukur untuk mengukur beda tinggi tetapi proses pengukuran dan pengolahan data nya berbeda. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil nilai pengukuran tinggi menggunakan alat total station dan waterpass. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode berupa penelitian komparatif. Analisa data menggunakan uji Independent Sample T-Test. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui ketelitian pengukuran beda tinggi pada pekerjaan yang sama yang dilakukan dengan alat Total Station dan sipat datar. Hasil Penelitian menunjukkan hasil analisis Uji Independent Sample T-Test yang dilakukan pada dua sampel data yaitu data pengukuran alat Total Station Topcon GTS-229 dan data pengukuran alat Waterpass AT-F3 Auto Level didapatkan kesimpulan yaitu tidak terdapat perbedaan antara hasil pengukuran menggunakan Total Station Topcon GTS-229 dan Waterpass Topcon AT-F3 karena nilai Asymp. Sig. (2-tailed) gt 0 05 yaitu sebesar 0 995 gt 0 05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > D3 Teknik Sipil dan Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272496

Actions (login required)

View Item View Item