Analisis sistem pengapian pada mesin grand livina 2015 / Fitra Alamsyah Syaifullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sistem pengapian pada mesin grand livina 2015 / Fitra Alamsyah Syaifullah

Syaifullah, Fitra Alamsyah (2022) Analisis sistem pengapian pada mesin grand livina 2015 / Fitra Alamsyah Syaifullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tugas Akhir yang berjudul Analisis Sistem Pengapian pada Mesin Mobil Grand Livina 2015 ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari system pengapian pada mobil Grand Livina tahun 2015 dan juga mengetahui apa yang dimaksud dengan system pemgapian. Sistem pengapian fungsinya yaitu menghasilkan percikan bunga api yang kuat dan tepat untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam apa pengertian fungsi komponen-komponen pendukung dan cara kerja dari sistem Pengapian. Dalam laporan ini juga dijelaskan bagaimana cara menganalisis kerusakan yang terjadi serta perbaikan dan perawatan yang dilakukan. Analisis yang dilakukan adalah melakukan diagnosis menggunakan Scan tool untuk memeriksa keadaan sensor sensor yang ada pada sistem Pengapian. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode observasi untuk mendapatkan data pada bahan proyek tugas akhir dan menggunakan metode pustaka untuk melakukan kajian-kajian teori dengan mencari data meliputi buku-buku literatur yang berhubungan dengan obyek tugas akhir. Hasil diagnosis data stream menunjukkan bahwa komponen sensor Ignition Timming pada Trainer Engine Grand Livina tahun 2015 dapat berubah pada saat RPM dinaikkan dan diturunkan. Angka yang ditampilkan pada layar Scan tool adalah 38 deg BTDC sehingga dapat disimpulkan bahwa komponen tersebut masih dapat berfungsi dengan baik. Pemeriksaan pada komponen lain juga dilakukan dan mendapatkan hasil dimana komponen-komponen System Pengapian tidak mengalami kerusakan. Kesimpulan Laporan Tugas Akhir ini adalah komponen-komponen Sistem Pengapian pada Trainer Engine Grand Livina tahun 2015 masih berfungsi dan dapat berjalan dengan semestinya. Untuk melakukan perbaikan kerusakan yang terjadi pastikan selalu memperhatikan petunjuk yang terdapat pada manual book sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat sesuai anjuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > D3 Mesin Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272447

Actions (login required)

View Item View Item