Analisis crankshaft position sensor pada mesin grand livina 2015 / Wildan Fatich Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis crankshaft position sensor pada mesin grand livina 2015 / Wildan Fatich Kusuma

Kusuma, Wildan Fatich (2022) Analisis crankshaft position sensor pada mesin grand livina 2015 / Wildan Fatich Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusuma Wildan Fatich. 2022. Analisis CKP Sensor Pada Mesin Grand Livina 2015 D3 Mesin Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sumarli M.Pd M.T. Kata Kunci Crankshaft position sensor ECM Pada mesin mobil zaman sekarang teknologi semakin berkembang pesat maka dari itu mobil di era modern di bekali dengan berbagai macam sensor salah satu sensor tersebut adalah CKP. Dengan adanya ckp sensor posisi dari crankshaft atau poros engkol akan terdeteksi dan selanjutnya sensor ini akan mengirimkan sinyal pada ECM. Tujuan dari tugas akhir yaitu mengetahui fungsi dari CKP (Crankshaft Position Sensor) pada mesin mobil grand livina 2015 Mengetahui prinsip kerja CKP (Crankshaft Position Sensor) pada mesin mobil grand livina 2015. Mengetahui cara merawat dan mengatasi masalah yang sering terjadi pada CKP (Crankshaft Position Sensor) pada mesin mobil grand livina 2015. Pada penelitian ini metode penelitian dengan teknik analisis juga digunakan untuk melengkapi data secara rinci. Dapat dikatakan bahwa penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala peristiwa yang terjadi pada saat sekarang atau masalah aktual. Hasil dari analisis ini yaitu dalam mendeteksi posisi crankshaft sensor CKP menggunakan magnet pada ujungnya dan di dekatkan dengan pulley dari crankshaft yang telah di lengkapi dengan permukaan yang sensitif terhadap magnet. Pada saat permukaan dari pulley berdekatan dengan permukaan ujung dari sensor CKP yang di dalamnya telah dilengkapi dengan magnet maka akan timbul arus listrik yang akan di kirimkan ke ECM. Tujuan dari analisis sensor CKP pada mesin grand livina 2015 bertujuan agar mahasiswa mampu melakukan pengecekan dan melakukan perawatan pada sensor CKP supaya kinerja sensor tetap bekerja secara optimal. Apabila terdapat komponen yang rusak sebaiknya perlu penggantian komponen.Komponen Crankshaft Position Sensor harus dalam kondisi baik. Untuk itu sebaiknya sering dilakukan pemeriksaan agar kendaraan selalu dalam kondisi optimal dan selalu siap dioperasikan. Cara kerja Crankshaft Position Sensor harus dalam kondisi optimal. Untuk itu sebaiknya Sensor CKP harus rutin di lakukan pengecekan dan engine harus rutin di service supaya bisa di lihat jika terdapat kerusakan pada Crank Shaft Position Sensor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > D3 Mesin Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272439

Actions (login required)

View Item View Item