Analisis ivt (intake valve timing) pada mesin grand livina 2015 / Luthfindy Raihan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis ivt (intake valve timing) pada mesin grand livina 2015 / Luthfindy Raihan

Raihan, Luthfindy (2022) Analisis ivt (intake valve timing) pada mesin grand livina 2015 / Luthfindy Raihan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tugas Akhir ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang sangat pesat khususnya dalam bidang otomotif. Sistem sistem dalam dunia otomotif sudah sangat diperbarui seperti dengan digunakanya sensor ECU (Engine Control Uni) dan Aktuator. Salah satu kemajuan sistem dalam dunia otomotif adalah sistem IVT (Intake Valve Timing) pada mesin Nissan Grand Livina 2015. Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui definisi fungsi cara kerja dan komponen dari sistem IVT (Intake Valve Timing) serta menganalisis cara perbaikan dan perawatannya. Metode yang digunakan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah dengan mencari referensi yang terkait memilih komponen-komponen serta merakit komponen. Adapun hasil dan kesimpulan dari Laporan Tugas Akhir ini adalah sensor beserta aktuator yang bersangkutan dengan sistem IVT (Intake Valve Timing) seperti sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) TPS(Throttle Position Sensor) CKP(Crankshaft Position Sensor) CMP(Camshaft Position Sensor) dan WTS(Water Temperature Sensor) beserta IVT Controller dan OCV (Oil Control Valve) pada mesin Nissan Grand Livina 2015 dalam keadaan yang baik dan bekerja dengan normal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > D3 Mesin Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272437

Actions (login required)

View Item View Item