Analisis sistem intake pada mesin mobil grand livina tahun 2015 / Bayu Adhi Minanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sistem intake pada mesin mobil grand livina tahun 2015 / Bayu Adhi Minanto

Minanto, Bayu Adhi (2022) Analisis sistem intake pada mesin mobil grand livina tahun 2015 / Bayu Adhi Minanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Intake system atau Intake Manifold merupakan komponen saluran masuk udara menuju ruang bakar (silinder). Jumlah dari Intake Manifold pada mesin jumlahnya sama dengan banyaknya silinder yang ada pada mesin. Intake Manifold sendiri terdapat dua tipe yaitu Intake Manifold tetap dan Intake Manifold variable. Laporan Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam apa pengertianm fungsi komponen-komponen pendukung dan cara kerja dari sistem Intake. Dalam laporan ini juga dijelaskan bagaimana cara menganalisis kerusakan yang terjadi serta perbaikan dan perawatan yang dilakukan. Analisis yang dilakukan adalah melakukan diagnosis menggunakan Scan-tool untuk memeriksa keadaan sensor-sensor sistem Intake. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah metode deskriptif dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul yang ditampilkan pada layer Scan-tool. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode observasi yang dilakukan dengan cara pengambilan data secara langsung pada Trainer Engine Grand Livina tahun 2015 dan mendokumentasikan hasil diagnosis tersebut. Hasil diagnosis data stream menunjukkan bahwa komponen sensor MAF pada Trainer Engine Grand Livina tahun 2015 dapat berubah pada saat RPM dinaikkan atau diturunkan. Angka yang di tampilkan pada layar Scan-tool masih dalam batas wajar sehingga dapat disimpulkan bahwa komponen tersebut masih dapat berfungsi dengan baik pemeriksaan pada komponen lain juga dilakukan dan mendapatkan hasil dimana komponen-komponen sistem Intake tidak mengalami masalah dan trouble yang dapat mengakibatkan mesin menjadi kasar. Kesimpulan laporan Tugas Akhir ini adalah sensor beserta actuator yang bersangkutan denga system Intake seperti sensor IAC (Idle Air Control) MAF (Mass Air Flow) TPS (Throttle Position Sensor) ECT (Engine Coolant Temperature) IAT (Intake Air Temperature) pada mesin Nissan Grand Livina Tahun 2015 dalam keadaan baik dan bekerja dengan normal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > D3 Mesin Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272436

Actions (login required)

View Item View Item