Rancang bangun indikator volume air washer berbasis mikrokontroler zrduino / Muhammad Mundhir - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun indikator volume air washer berbasis mikrokontroler zrduino / Muhammad Mundhir

Mundhir, Muhammad (2022) Rancang bangun indikator volume air washer berbasis mikrokontroler zrduino / Muhammad Mundhir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mundhir Muhammad. 2022. Rancang Bangun Indikator Washer Berbasis Mikrokontroler Arduino. Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Muchammad Harly S.T. M.T. Kata Kunci Indikator Washer Arduino. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini semakin cepat dengan berjalannya waktu dan kebutuhan masyarakat. Seperty halnya body mobil setiap kendaraan keluaran terbaru pasti akan membuat sistem wiper dan washer lebih sempurna dari sebelumnya dengan beberapa perbaikan-perbaikan dari sistem yang ada. Guna menunjang kesempurnaan pada sistem wiper dan washer maka perlu melakukan perancangan bangun indikator washer berbasis mikrokontroler arduino. Rancang bangun indikator washer berbasis mikrokontroler arduino ini merupakan system alat pengukur volume level air washer pada tabung reservoir mobil dengan menggunakan water level sensor berbasis arduino yang bertujuan untuk memberikan informasi peringatan keadaan pada level air washer yang dapat terhubung melalui lcd sebagai monitor yang menampilkan keadaan volume level air. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang berupa studi kepustakaan (libraly Research). Yang mana dalam penelitian ini memiliki tahapan perancangan yakni identifikai masalah perumusan masalah Rancangan penelitian dan pengumpulan data. Untuk memudahkan dalam melakukan pelaksanaan perancangan alat indikator washer berbasis mikrokontroler arduino ini penulisan juga membuat diagram alur perancangan yang mana menjelaskan Langkah-langkah yang akan ditempuh dalam perancangan bangun tersebut. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dalam proses pembuatan rancangan bangun indikator washer berbasis mikrokontroler arduino bahwa perancangan alat ini meliputi membuat desain model perancangan alat melakukan tahapan perancangan perangkat penelitian membuat perancangan perangkat keras (hardware) dan perankat lunak (software) membuat desain rangkaian komponen sensor melakukan perakitan pada sensor dan melakukan uji coba alat secara keseluruhan. Adapun cara kerja rangkaian pada perancangan alat sensor ini yaitu mendeteksi ketinggian air yang ada pada tabung reservoir akan ada 3 level ketinggian yang akan dibaca oleh sensor water level yaitu Kosong Rendah Setengah dan Penuh dan hasil dari pembacaan sensor yang akan tampil di layar lcd tergantung pada level air yang dideteksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > D3 Mesin Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272432

Actions (login required)

View Item View Item