Analisis gas buang menggunakan smokemeter koeng op-o21 / Dimas Apriliawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis gas buang menggunakan smokemeter koeng op-o21 / Dimas Apriliawan

Apriliawan, Dimas (2022) Analisis gas buang menggunakan smokemeter koeng op-o21 / Dimas Apriliawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia yang ditandaidengan meluasnya penggunaan mesin-mesin. Dalam perkembangan teknologi permesinan pada masa sekarang ini khususnya mesin diesel dan mesin bensin dapat dilihat berbagai macam manfaat serta kegunaannnya bagi masyarakat. Solar merupakan bahan bakar yang umumnya digunakan untuk jenis kendaraan transportasi ataupun kendaraan niaga. Gas buang kendaraan berandil besar pada masalah polusi udara di kota-kota besar. Apabila jumlah kendaraan yang menggunakan bahan bakar tersebut terus meningkat maka udara yang di hirup sudah tidak sehat dan membahayakan kesehatan. Smokemeter opacity adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur opasitas emisi gas buang diesel mendiagnosis berfungsinya mesin diesel dengan benar. Cara kerja smokemeter KOENG OP-021 adalah dengan menghitung beberapa cahaya hilang saat melewati gas yang mengandung asap dan debu karena hamburan penyerapan dan refleksi oleh partikel. Karena jumlah cahaya yang hilang sebanding dengan jumlah dan ukuran partikel ini dapat digunakan untuk memperkirakan konsentrasi PM dalam tumpukan. Smokemeter KOENG OP-021 memiliki rentang pengukuran opasitas antara 0 - 100% dengan waktu respon 0.5 detik. Untuk rentang pembacaan opasitas tersebut sudah mencukupi untuk pembacaan mesin diesel di Indonesia yang sekarang sudah mengatur ambang batas maksimal emisi gas buang kendaraan diesel yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena beberapa pertimbangan metode kualitatif lebih bisa dan mudah menyesuaikan apabila berhadapan dengan kenyataan. Metode ini menyajikan hakikat hubungan peneliti dengan responden secara langsung dan metode ini lebih peka sehinga dapat menyesuaikan diri dan banyak penajaman pengaruh bersama terhadap pola-pola nilai yang dihadapi penelitian. Pola penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yaitu untuk mencari peristiwa- peristiwa yang menjadi objek penelitian berlangsung sehingga mendapatkan informasi langsung. Pada pengujian ini dilakukan pada kendaraan Toyota Kijang Innova Diesel Tahun 2019 yang berlokasi di gedung G5 Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Hasil pengukuran emisi gas buang kendaraan Toyota Kijang Innova Diesel Tahun 2019 menggunakan smokemeter KOENG OP-021 menunjukkan bahwa mode berkendara pada kendaraan tersebut mempengaruhi opasitas emisi gas buang yang dihasilkan. Hasil Pengujian Pertama terbaca 11.0% opasitas emisi gas buang hasil Pengujian Kedua terbaca 11.1% dan Pengujian terakhir terbaca 11.8%. Tetapi perbedaan dengan mengubah mode berkendara yang dihasilkan tidak terpaut jauh hanya sekitar 0 1% sampai 0 8% saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > D3 Mesin Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272430

Actions (login required)

View Item View Item