Rancang bangun mesin pemotong bahan mentah kerupuk otomatis dengan sistem pneumatic (bagian pneumatik) / Tulus Ahmadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun mesin pemotong bahan mentah kerupuk otomatis dengan sistem pneumatic (bagian pneumatik) / Tulus Ahmadi

Ahmadi, Tulus (2021) Rancang bangun mesin pemotong bahan mentah kerupuk otomatis dengan sistem pneumatic (bagian pneumatik) / Tulus Ahmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecamatan Sukodadi merupakan salah satu wilayah yang berada di tengah Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Kecamatan Sukodadi pada tahun 2016 memiliki penduduk sebanyak 39.952 penduduk yang tersebar di dua puluh desa (BPS Kabupaten Lamongan 2016). Sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani edagang dan pada juga yang membuat industri rumahan atau umkm. Dari sebagian besar industri rumahan yang ada di Kecamatan Sukodadi industri rumahan pembuatan kerupuk salah satunya yang sedang berkembang pesat. Namun proses produksinya terdapat kendala yakni pemotongan bahan mentah kerupuk masih dilakukan secara manual maka dari itu dibuatlah perencanan pembuatan mesin pemotong otomatis yakni mesin pemotong bahan mentah kerupuk otomatis dengan sistem pneumatic yang nantinya akan mempermudah industri rumahan tersebut. Dalam pembuatan rancang bangun mesin pemotong bahan mentah kerupuk otomatis dengan sistem pneumatic ini terdiri dari tiga bagian utama yakni belt conveyor sistem pneumatic dan rangka. dimana setelah melakukan proses uji mesin diketahui kapasitas mesin sebesar 25 kg kerupuk dalam waktu 1 jam. Untuk perawatan mesin ini dibagi menjadi tiga yakni harian mingguan dan bulanan dimana proses tersebut harus dilakukan secara rutin oleh industri rumahan supaya kinerja mesin tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > D3 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272405

Actions (login required)

View Item View Item