Analisis Isi dengan Pendekatan Systematic Literature Review tentang Sumber Belajar di Pesantren Indonesia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Isi dengan Pendekatan Systematic Literature Review tentang Sumber Belajar di Pesantren Indonesia

Puspitarini, Dwi (2022) Analisis Isi dengan Pendekatan Systematic Literature Review tentang Sumber Belajar di Pesantren Indonesia. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dunia pendidikan di Indonesia masih diwarnai dengan berbagai tindakandestruktif, yaitu kenakalan pelajar, kekerasan, tindakan asusila, narkoba, bullying,tipisnyasolidaritasdanadabkesopanan,danlainnya.Upayauntuklebihmenanamkan nilai-nilai karakter moral pada generasi muda tetap menjadi agendaberkelanjutan,prioritasutamasektorpendidikan,termasukdipesantren.Penelitianinibertujuanuntukmelakukantinjauansecarasistematispadapenelitian terdahulu terkait sumberbelajar pendidikan karakter, moral, dan etikadi pesantren,yangbermanfaatsebagai rangkumankomprehensif untukbahanevaluasi,dasar teori (referensi), dan mengetahui tema yang sudah dan belumbanyak diteliti, sehingga menjadi pijakan para future researcher untuk menggaliide penelitian selanjutnya. Berkenaan dengan tujuan tersebut, research questionyang dibahas adalah: (1) bagaimana performa kyai, pengasuh, dan karakteristiksantri (people) dalam pendidikan karakter, moral,dan etika di pesantren?,(2)bagaimanapesan(message)pendidikankarakter,moral,danetikadipesantren?, (3) bagaimanapenggunaanmuatannilai-nilai(materials)dalampendidikankarakter, moral, dan etika di pesantren?, (4) bagaimana penggunaan alat (device)dalammenanamkanpendidikanmoral,karakter,danetikadipesantren?,(5)bagaimanapenggunaanteknik(metode)sebagaistrategipenyampaianpembelajaran karakter, moral, dan etika di pesantren?, (6) bagaimana peran latar(setting)pesantrendalampendidikankarakter,moral,danetika?,dan(7)bagaimanaframeworksumberbelajarpendidikankarakterterintegrasidipesantrenuntuktawaran(plandesign)selanjutnya? PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdengankombinasimetodeSLR(systematicliteraturereview)dancontentanalysis.Tahapan/prosedurpelaksanaanpenelitianmengikutiPRISMA(PreferredReporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis) protocol, yaitu: (1)identifikasi;(2)penyaringan; (3)kelayakan,dan (4)inklusi.Tahapan-tahapantersebutdijabarkandalam diagram alur (flow diagram) sebagaipanduanlangkah-langkahpelaksanaanpenelitian.Strategipencariandatadimulaidengan(1)menentukan database, yaituartikeljurnalterindeks Scopus dalamkurunwaktu2011-2020;keywords:charactereducation,moralvalues,ethics,Indonesianpesantren,Islamicboardinghouse;(2)selanjutnya,artikelyangdiperolehdiekstraksidengankriteriaeksklusi;(3)kriteriainklusi;(4)dinilaidengankriteria kelayakan, dan (5) hasilnya adalah data final yang dianalisis pada tahap analisisisi. Analisis isi kualitatif dilaksanakan dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi,danmenganalisisdatadalambentukdeskripsi. Hasilpenelitianiniberupapaparanintisarisumberbelajarpendidikankarakter di pesantren, yaitu: (1) kyai merupakan panutan dan teladan santri, baikperkataanmaupunperilakunya,yangbertanggungjawabmemimpinpesantren,tokohagamayangberpengaruhdankharismatik,sertatokohstrategisyangmemberikan pengajaran, pengajian ilmu agama di pesantren; sedangkansantrimemilikikarakteristiktawaddhu’(patuh/taat),berakhlaqbaik,menjalankankewajiban agama dengan kesungguhan, mempelajari dan menguasai kitab-kitabliteraturkhaspesantren,mandiridimasyarakat,pekalingkungandanbersosialisasi;memilikibertanggungjawabdanmemilikikecintaankepadabangsadannegaranya;(2)terkaitpesan(message)pendidikankarakterdipesantren adalah menanamkan landasan religious yang kuat untuk melaksanakankewajiban kepada Tuhan, mengasah kepemimpinan dan patriotisme, menambahpengetahuan dan keterampilan, memperkuat kemandirian, membangun kebajikanpeduli sosial dan lingkungan,mengembangkan teknologi informasi dikalangansantri,dan senantiasahidupbersih dan sehat, membentukkepribadian santritangguh, unggul,mandiri, sederhana,ikhlas, disiplin, dan berkarakter akhaqulkarimah; (3) muatan materi (nilai-nilai) karakter mulia santri dapat terealisasidengan internalisasi nilai religius (kepatuhan beragama), nilai kepedulian sosialdanlingkungan,nilaipengetahuan,literasi,digitalmedia,nilaikemandirian,keikhlasan, kesederhanaan, toleransi dan komunikasi (inovasi personal), serta nilaikepemimpinandannasionalisme;(4)mediayangdigunakandipesantrentergolong tradisional, maka perkembangan teknologi menuntut pesantren tanggap,berinovasi menghadirkan alternatif media yang sesuai, baik elektronik (digital)maupunnonelektronik;(5)teknik(metode)yangdilaksanakanadalahketeladanan, pembiasaan, integrasi pada banyak kegiatan santri, membaca literaturkhas pesantren,dan interaksi intensif santri dan ustadz. Metode lainnya tidakhanyabersumberdari bidang keagamaan, tetapi juga dari bidangilmu umum(multidiscipline), seperti ilmu kesehatan, ekonomi (entrepreneur), teknologi daninformasi,komunikasi,kepemimpinan,berbangsadanbernegara,(6)settingberupa lingkungan sangat berperan dalam proses pendewasaan karakter santri,yaitu terciptanyainterrelasi dialogis antara kyai,santri,ustadz dan semuayangada disekitar santri, dan (7) framework pendidikan karakter terintegrasi dibangundengansumberbelajarpendidikankarakteryangsalingberpadu,bersinergi,salingketergantungansatudenganyanglain.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Analisisisi,sumberbelajarpendidikanmoralkarakter,tinjauanliteratursistematis,pesantren.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:35
Last Modified: 03 Apr 2023 01:35
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2724

Actions (login required)

View Item View Item