Rancang bangun mesin penggiling jagung kapasitas 175 kg/jam untuk pakan ternak bebek / Adam Massky - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun mesin penggiling jagung kapasitas 175 kg/jam untuk pakan ternak bebek / Adam Massky

Massaky, Adam (2022) Rancang bangun mesin penggiling jagung kapasitas 175 kg/jam untuk pakan ternak bebek / Adam Massky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adam Massaky. 2022. Rancang Bangun Mesin Penggiling Jagung Kapasitas 175 Kg/Jam Untuk Pakan Ternak Bebek D3 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Yoto S.T. M.Pd Jagung merupakan komoditas unggul yang dimiliki oleh Indonesia selain dikonsumsi oleh Indonesia jagung juga diekspor ke berbagai negara. Jagung memiliki banyak jenis pemanfaatan salah satunya adalah biji jagung. Biji jagung dapat dimafaatkan menjadi bahan utama untuk pakan ternak bebek. Biji jagung dapat dipipil menggunakan mesin pemipil jagung. Pemanfaatan biji jagung sebagai pakan ternak mulai meningkat ditengah mahalnya harga pakan yang dari pabrikan. Untuk meningkatkan produktivitas pada bidang pertanian dan peningkatan kegunaaan maka pada bidang pertanian diperlukan pengembangan teknologi pada dunia pertanian. Salah satu hasil pengembangan teknologi yang dapat diaplikasikan untuk sektor pertanian dan peternakan yakni penggunaan mesin penggiling untuk biji jagung. Nantinya mesin ini dapat berfungsi secara optimal menghaluskan biji jagung untuk dijadikan media pakan ternak. Dalam proses produksi mesin penggiling biji jagung dilakukan dalam beberapa proses yaitu dengan proses perencanaan yang dilakukan dengan cara studi literatur meliputi memperhatikan dan mempertimbangkan permasalahan yang nyata di lapangan setelah adanya kesepakatan maka dilanjutkan ke proses desain gambar mesin pengukuran bahan melakukan pemotongan bahan yang utuh pengelasan untuk membuat rangka mesin pengamplasan dan yang terakhir finishing. Mesin ini digerakkan oleh diesel 8 PK sebagai penggerak utama setelah dirancang sedemikian rupa mesin ini dilakukan uji coba terlebih dahulu hasil dari uji coba ini bisa untuk menjadi bahan evaluasi adakah kekurangan atau tidak. Dengan demikian pengolahan biji jagung dengan menggunakan mesin penggiling ini dapat menjadikan biji jagung lebih layak untuk media pakan ternak. Kata Kunci Jagung Pakan Ternak Bebek Mesin Penggiling Jagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > D3 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272371

Actions (login required)

View Item View Item