Rancang bangun sistem rangka mesin pencetak cocopeat block semi otomatis / Hafizh Iqbal Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem rangka mesin pencetak cocopeat block semi otomatis / Hafizh Iqbal Putra

Putra, Hafizh Iqbal (2022) Rancang bangun sistem rangka mesin pencetak cocopeat block semi otomatis / Hafizh Iqbal Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rancang Bangun Mesin Pencetak cocopeat block semi otomatis bertujuan untuk meningkatkan nilai jual serbuk cocopeat. Cocopeat block dapat dimanfaatkan untuk media tanam hortikultura dan bisa sebagai media pembelajaran kepada anak. Serbuk cocopeat dicampur dengan bahan tambah seperti air dan pupuk kemudian di press sehingga membentuk sebuah cocopeat yang padat. Mesin ini dilengkapi dengan mixer yang berguna untuk mencampur serbuk cocopeat dengan bahan tambah. Sistem gravitasi digunakan pada mesin ini untuk menekan serbuk cocopeat yang masuk kedalam cetakan. Mesin ini dioperasikan dengan menggunakan motor listrik dengan menggunakan elemen transmisi puli dan sabuk. Hasil dari mesin ini berupa cocopeat block dengan ukuran 10 5 cm x 21 cm dengan jumlah kurang lebih 160 biji per jam. Pada mesin pencetak semi otomatis ini terdapat 2 rangka yaitu rangka utama dan rangka mixer. Rangka dari mesin ini terbuat dari bahan besi UNP 80 dan besi UNP 65. Pada sistem rangka yang dihitung adalah kekuatan rangka dan juga sambungan las. Sistem rangka ini juga diperlukan perawatan agar mesin dapat bekerja secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > D3 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272363

Actions (login required)

View Item View Item