Rancang bangun sistem pencetak pada mesin pencetak cocopeat block semi otomatis / Bima Sakti Dwi Reyhan Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem pencetak pada mesin pencetak cocopeat block semi otomatis / Bima Sakti Dwi Reyhan Saputra

Saputra, Bima Sakti Dwi Reyhan (2022) Rancang bangun sistem pencetak pada mesin pencetak cocopeat block semi otomatis / Bima Sakti Dwi Reyhan Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sabut kelapa jika diurai maka akan terdiri dari serat sabut atau cocofibre dan serbuk sabut atau cocopeat. Cocopeat merupakan sebuah media tanam yang terbuat dari serbuk sabut kelapa oleh karena itu mudah dijumpai di negara-negara tropis dan kepulauan seperti Indonesia. Cocopeat bisa menahan unsur kimia pupuk kandungan air dan menetralkan keasaman tanah. Dengan adanya sifat itu maka cocopeat sangat cocok untuk media pertumbuhan tanaman hortikultura dan media tanaman rumah kaca. Selain menyimpan banyak manfaat kelapa juga berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Indonesia merupakan eksportir kelapa dan sabut kelapa terbesar kedua setelah Filipina. Tujuan dalam proses perencanaan manufaktur mesin pencetak cocopeat block semi otomatis ini berfungsi untuk memadatkan campuran serbuk cocopeat menjadi hasil cocopeat block dengan menggunakan sistem gravitational drop and vibration. Mesin ini dapat menghasilkan 4 buah cocopeat block sekali jalan karena memiliki 4 cavity. Kapasitas maksimal dari mesin ini adalah 160 cocopeat block/jam dimana bahan campuran cocopeat akan di cetak dengan cara punch oleh pemberat atau matras atas cetakan kemudian digetarkan agar campuran serbuk cocopeat mengisi seluruh bagian cetakan. Pada sistem pencetak terdapat beberapa komponen sehingga perlu adanya perawatan dan perbaikan secara berkala dalam penggunaanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > D3 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 04:07
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272360

Actions (login required)

View Item View Item