Rancang bangun sistem mixer mesin pencetak cocopeat block semi otomatis / Andreas Dhika Kisyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem mixer mesin pencetak cocopeat block semi otomatis / Andreas Dhika Kisyono

Kisyono, Andreas Dhika (2022) Rancang bangun sistem mixer mesin pencetak cocopeat block semi otomatis / Andreas Dhika Kisyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cocopeat atau debu sabut serat kelapa merupakan limbah yang dihasilkan oleh kelapa yang dapat menjadi manfaat atau bisa menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomi. Cocopeat adalah media tanam organik yang memiliki kualitas unggul dengan tanah. Secara sederhana cocopeat adalah spon yang berasal dari serat sabut kelapa yang dihancurkan atau dilembutkan. Sering juga disebut gambut atau debu sabut. Cocopeat mampu menahan sejumlah besar air layaknya spon. Perencanaan proses manufaktur mesin pencetak semi otomatis ini berfungsi sebagai pengolahan dari cocopeat menjadi cocopeat block dengan menggunakan sistem getar dan gravitasi untuk memadatkan cocopeat block. Mesin pencetak semi otomatis ini memiliki 4 rongga cetak. Pada sistem mixer ini terdapat beberapa komponen dimana beberapa komponen memiliki saling keterhubungan dalam proses produksi cocopeat block. Fungsi utama dari sistem mixer mencampur semua bahan yang akan dibuat menjadi cocopeat block. Sistem mixer menggunakan motor penggerak 1 hp yang disalurkan melalui gearbox langsung ke poros yang dimana akan menghasilkan suatu putaran atau adukan didalam wadah pengaduk. Didalam system mixer banyak sekali komponen yang perlu adanya perawatan dan perbaikan supaya kinerja dari sistem mixer tetap optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > D3 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272359

Actions (login required)

View Item View Item