Rancang bangun sistem pemindah tenaga mesin pencetak cocopeat block semi otomatis / Farrel Raditya Hadi Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem pemindah tenaga mesin pencetak cocopeat block semi otomatis / Farrel Raditya Hadi Pratama

Pratama, Farrel Raditya Hadi (2022) Rancang bangun sistem pemindah tenaga mesin pencetak cocopeat block semi otomatis / Farrel Raditya Hadi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Serabut kelapa merupakan salah satu serat alam dan merupakan limbah organik yang mudah terurai dengan proses alami pemanfaatan serabut kelapa yang melalui proses pemisahan akan menjadi produk uraian berupa cocofiber dan cocopeat. Dalam penggunaan sehari-hari cocopeat dapat digunakan sebagai media tanam dikarenakan memiliki karakteristik yaitu harga yang ekonomis tahan terhadap jamur tahan lama mudah beradaptasi dengan lingkungan menyerap banyak air dan mampu menyuburkan tanah. Penggunaan limbah kelapa ini karena memiliki potensi hingga 3 3 juta ton limbah yang jika dimanfaatkan akan menjadi nilai tambah ekonomis Tujuan dalam proses perencanaan manufaktur mesin pencetak semi otomatis ini berfungsi untuk memadatkan serbuk cocopeat menjadi cocopeat block dengan memanfaatkan sistem gravitational drop and vibration dengan matras 4 cavity kapasitas maksimal 160 cocopeat block/jam dimana bahan cocopeat akan di cetak dengan cara punch oleh pemberat kemudian digetarkan agar serbuk cocopeat mengisi seluruh bagian cetakan. Pada sistem pemindah tenaga ini terdapat beberapa komponen yang fungsi utamanya adalah untuk menggerakkan dengan bantuan motor listrik 3 Hp yang disalurkan kepada poros yang akan menghasilkan getaran dengan memanfaatkan sistem pedal dan kopling. Sistem pemindah tenaga ini terdapat banyak komponen mulai dari part transmisi dan part penggerak sehingga diperlukan perawatan secara berkala dalam penggunaan mesin tersebut sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > D3 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272355

Actions (login required)

View Item View Item