Arwin Yudi Hendrawan (2008) Pengelolaan dan antisipasi kredit angsuran sistem fidusia (kreasi) bermasalah pada Perum Pegadaian cabang Blitar / Arwin Yudi Hendrawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam pemberian kredit oleh perusahaan perkreditan kepada debitur memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda. Salah satu kredit yang memiliki risiko tinggi adalah Kredit Angsuran Sistem Fidusia (KREASI). KREASI adalah kredit dengan sistem angsuran dengan menggunakan konstruksi pinjaman Fidusia yang diberikan kepada pengusaha mikro dan kecil untuk keperluan pengembangan usaha. Sedangkan Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar suatu kepercayaan. Oleh karena itu untuk meminimalkan risiko yang ditimbulkan dari KREASI Perum Pegadaian mengadakan pengelolaan dan antisipasi terhadap kredit KREASI ini. Rumusan masalah yang dibuat adalah 1) bagaimana pengelolaan terhadap KREASI bermasalah pada CPP Blitar 2) bagaimana antisipasi terhadap KREASI bermasalah pada CPP Blitar 3) masalah utama penyebab KREASI bermasalah. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengelolaan terhadap KREASI bermasalah pada Perum Pegadaian untuk mengetahui antisipasi terhadap KREASI bermasalah pada Perum Pegadaian serta masalah utama penyebab KREASI bermasalah. Metode analisa yang digunakan adalah metode pemecahan masalah yang digunakan dengan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai antisipasi dan pengelolaan KREASI bermasalah pada Perum Pegadaian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) pengelolaan terhadap kredit KREASI bermasalah pada CPP Blitar telah sesuai dengan prosedur umum yang berlaku. 2) antisipasi terhadap KREASI bermasalah pada CPP Blitar telah sesuai dengan prosedur umum yang berlaku 3) masalah utama penyebab timbulnya KREASI bermasalah pada CPP Blitar adalah terletak pada nasabah dan pelaksana (Analis Kredit dan KPK). Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat memberikan saran yaitu Perum Pegadaian Cabang Blitar menambah jumlah pelaksana KREASI agar dalam memberikan pelayanan kepada nasabah tidak kewalahan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/272233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |