Analisis kontribusi penerimaan pajak reklame dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Malang / Nurul Umamah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kontribusi penerimaan pajak reklame dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Malang / Nurul Umamah

Nurul Umamah (2008) Analisis kontribusi penerimaan pajak reklame dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Malang / Nurul Umamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ciri utama yang menunjukkan suatu daerah mampu berotonomi terletak pada kemampuan keuangan daerah. Artinya daerah otonom harus memiliki kewenangan dan kemampuan untuk menggali dan mengelola sumber keuangan sendiri. Sedangkan ketergantungan pada bantuan pemerintah pusat harus diminimalkan sehingga masalah yang timbul adalah bagaimana sumber pendapatan itu dapat digali dikelola dan didistribusikan. Pajak reklame merupakan salah satu jenis pajak daerah yang termasuk dalam komponen PAD mempunyai prospek baik sebagai sumber penerimaan yang dapat memperkuat posisi keuangan. Perkembangan ekonomi juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan pajak rekalme. Terbukti bahwa untuk merebut pasar serta memajukan usaha agar produk mereka dikenal masyarakat luas para pengusaha penempuh jalan dengan memasang reklame. Sedangkan untuk melaksanakan promosi tersebut dikenakan tarif berupa pajak. Dari usaha tersebut Pemerintah Daerah mendapatkan pemasukan berupa tarif pajak atas pemasangan reklame baik yang bersifat tetap maupun bersifat insidentil. Dalam menentukan realisasi dan kontribusi pajak reklame terhadap PAD yaitu menggunakan tehnik penghitungan rasio efektif Kesimpulan yang dapat diambil dari penulisan ini antara lain (1) dari tahun ketahun target penerimaan pajak reklame selalu di naikkan dan diiringi dengan tercapainya realisasi yang mampu melebihi target yang direncanakan. Naik dan turunnya kontribusi pajak reklame di pengaruhi oleh banyak atau sedikitnya kegiatan insidentil seperti pameran konser maupun pertunjukan yang ada di kota Malang karena kegiatan ini sangat mempengaruhi pendapatan reklame. (2) salah satu cara yang di lakukan DIPENDA untuk meningkatkan pajak reklame yaitu dengan upaya peningkatan efektifitas dan efisiensi pengelolaan sumber pendapatan daerah. (3) terkait dengan kondisi kota Malang pajak reklame sangat berpeluang untuk di selewengkan maka dari itu upaya yang dilakukan DIPENDA untuk menghindari adanya penyelewengan terhadap pajak reklame sangat berpengaruh terhadap kesuksesan atau kegagalan DIPENDA dalam mengoptimalkan pendapatan daerah. Dari penjelasan diatas maka disarankan (1) untuk mengatasi kurang maksimalnya kontribusi pajak reklame dapat dilakukan dengan menetapkan target yang lebih tinggi pada pajak reklame untuk tahun berikutnya dengan melihat potensi riil yang ada dalam reklame. (2) diskusi dengan wajib pajak terutama yang banyak menunggak dan memberikan pengertian mengenai pentingnya pajak daerah untuk kelancaran pembangunan dan pelaksanaan kegiatan pemerintah. (3) meningkatkan kinerja aparat pemungut pajak agar upaya untuk meningkatkan pendapatan pajak reklame dapat optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272224

Actions (login required)

View Item View Item