Upaya meningkatkan efektivitas pengelolaan piutang pasien pada Bapelkes RSD Jombang / Veri Yuliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan efektivitas pengelolaan piutang pasien pada Bapelkes RSD Jombang / Veri Yuliani

Veri Yuliani (2007) Upaya meningkatkan efektivitas pengelolaan piutang pasien pada Bapelkes RSD Jombang / Veri Yuliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam menghasilkan laba yang optimum perusahaan harus mampu mengelola usaha secara efisien dan efektif. Piutang merupakan salah satu modal kerja yang membutuhkan pengelolaan piutang secara efektif dengan indikator tingkat perputaran piutang yang cepat periode pengumpulan piutang yang cepat dan persentase piutang tak tertagih yang kecil. Karya tulis ini bertujuan untuk menyajikan secara empiris upaya pengelolaan piutang pasien pada Bapelkes RSD Jombang. Data yang digunakan dalam penulisan karya tulis ini adalah data pengelolaan piutang mulai dari tahun 2003 sampai dengan 2005. teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik interview dokumentasi dan observasi. Sedangkan analisis data yang dipakai ada dua yaitu analisis kualitatif untuk mendiskripsikan kebijakan kredit dan analisis kuantitatif untuk menghitung tingkat perputaran piutang dan periode pengumpulan piutang. Hasil karya tulis ini menunjukkan bahwa pengelolaan piutang Bapelkes RSD Jombang adalah sebagai berikut tingkat perputaran piutang pasien untuk tahun 2003 sebesar 2 86 kali dan pada tahun 2004 menurun 0 49 yaitu 2 37 kali dan kemudian pada tahun 2005 mengalami kenaikan sebesar 0 38 yaitu 2 75 kali. Sedangkan periode pengumpulan piutang tahun 2003 selama 126 hari untuk tahun 2004 mengalami peningkatan yaitu 152 hari dan untuk tahun 2005 turun menjadi 131 hari. Mengacu pada indikator efektivitas pengelolaan piutang dengan tingkat perputaran piutang dan periode pengumpulan piutang maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan piutang pada Bapelkes RSD Jombang belum dilakukan secara efektif dan penerapan kebijakan kredit belum berhasil. Berdasarkan karya tulis ini dapat disarankan untuk melakukan perbaikan terhadap kebijakan kredit yang meliputi standar kredit syarat kredit dan pengumpulan piutang. Selain itu penagihan piutang Bapelkes RSD Jombang hendaknya aktif dan efektif sesuai dengan persyaratan kredit yang telah ditetapkan agar piutang dapat terbayar tepat waktu. Selain itu rumah sakit juga harus mempertahankan dan meningkatkan kinerja agar tingkat perputaran piutang dan periode pengumpulan piutangdapat tercapai sesuai yang ditargetkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272216

Actions (login required)

View Item View Item