Efektivitas sistem akuntansi siklus penjualan kredit pada PT Prabasonta Berlian Motor Madiun / Ayu Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas sistem akuntansi siklus penjualan kredit pada PT Prabasonta Berlian Motor Madiun / Ayu Puji Lestari

Ayu Puji Lestari (2007) Efektivitas sistem akuntansi siklus penjualan kredit pada PT Prabasonta Berlian Motor Madiun / Ayu Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Efektivitas adalah kemampuan suatu entitas untuk mencapai tujuan dengan melakukan hal yang tepat dan sesuai dengan tujuan dari perusahaan. Apabila suatu organisasi berhasil mencapai tujuan maka organisasi tersebut dikatakan telah berjalan dengan efektif. Hal terpenting yang perlu dicatat adalah bahwa efektivitas tidak menyatakan tentang berapa besar biaya yang telah dikeluarkan untuk mencapai tujuan tersebut.Sistem akuntansi sebagai suatu organisasi terdiri dari metode dan catatan-catatan yang dibuat untuk mengidentifikasi mengumpulkan menganalisis mencatat dan melaporkan transaksi-transaksi organisasi dan menyelenggarakan pertanggung-jawaban bagi aktiva dan kewajiban yang berkaitan. Data yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah data-data yang berkaitan dengan sistem penjualan kredit pada PT Prabasonta Berlian Motor yang diperoleh selama PKL. Data-data tersebut diperoleh dengan observasi interview dan dokumentasi. Pada PT Prabasonta Berlian Motor terdapat dua sistem penjualan kredit yaitu secara avalist dan non avalist. Analisis yang digunakan untuk mengetahui efektivitas sistem akuntansi penjualan kredit pada PT Prabasonta Berlian Motor adalah dengan cara melakukan analisis struktur organisasi analisis sistem akuntansi penjualan kredit analisis formulir yang digunakan dan analisis terhadap sistem pengendalian intern. Hasil penulisan Tugas Akhir ini menunjukkan bahwa dalam penerapan sistem akuntansi siklus penjualan kredit pada PT Prabasonta Berlian Motor perangkapan formulir masih kurang dan pendistribusian atas formulir yang digunakan masih kurang serta tidak adanya fungsi gudang yang terlibat dalam sistem akuntansi penjualan kredit yang diterapkan. Adanya sistem akuntansi penjualan kredit yang relevan terhadap perusahaan yang didalamnya dilakukan oleh personil yang mengerti akan sistem akuntansi merupakan kunci utama efektif dan tidaknya sistem akuntansi tersebut dan PT Prabasonta Berlian Motor telah memiliki sistem tersebut.Untuk itulah perusahaan perlu memperbaiki sistem akuntansi penjualan kredit khususnya mengenai perangkapan formulir yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272215

Actions (login required)

View Item View Item