Analisis produk pesanan pada perusahaan tenun tikar elresas Lamongan / Vivi Sulistya Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis produk pesanan pada perusahaan tenun tikar elresas Lamongan / Vivi Sulistya Rahman

Vivi Sulistya Rahman (2007) Analisis produk pesanan pada perusahaan tenun tikar elresas Lamongan / Vivi Sulistya Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perusahaan dalam memperlakukan produk rusak seringkali tidak dimanfaatkan dengan baik. Padahal produk rusak tersebut ada yang masih bisa dijual atau dimanfaatkan. Adanya produk rusak dalam perusahaan berpengaruh pada harga pokok produksi. Harga pokok produksi merupakan kumpulan dari biaya-biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi. Sehingga harga pokok produksi menunjukkan biaya-biaya yang telah dikorbankan untuk menghasilkan suatu produk. Jika produk tersebut dijual maka harga pokok produksi menjadi harga pokok penjualan. Besarnya harga pokok produksi mempengaruhi harga pokok penjualan dan akan terjadi sebaliknya. Dalam pemanfaatan produk rusak terdapat beberapa kriteria apabila produk rusak tersebut tidak laku dijual timbulnya karena sulitnya pengerjaan maka akan menambah harga pokok pesanan per unit yang bersangkutan bila timbul karena bersifat normal produksi maka biaya atau harga pokok produk rusak tersebut dibebankan kepada biaya overhead sesungguhnya dan bila timbul karena kurangnya pengawasan produksi yang dilakukan akan diperlakukan sebagai rugi produk rusak. Apabila produk rusak tersebut laku dijual timbulnya karena sulitnya pengerjaan maka hasil penjualan produk rusak diperlakukan sebagai pengurangan biaya produksi dari keseluruhan biaya produksi yang terjadi (produk rusak dan produk tidak rusak atau baik) timbul karena sifat normal produksi maka seluruh biaya produksi produk rusak dikeluarkan dari biaya produksi bila timbul karena kurangnya pengawasan maka selisih antara biaya produksi dari produk rusak dengan hasil jual produk rusak adalah dengan mengakui sebagai rugi produk rusak. Penelitian yang dilakukan di Perusahaan Tenun Tikar Elresas Lamongan pada saat Praktik Kerja Lapangan (PKL) terlihat masalah yang berhubungan dengan pendayagunaan produk rusak. Pada perusahaan produk rusak belum dihitung sebagai mana mestinya. Rancangan penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dimana menganalisis hubungan antara biaya produksi produk rusak terhadap harga pokok produk rusak. Hasil pengolahan data dengan menggunakan spss menunjukkan bahwa biaya produksi produk rusak berpengaruh terhadap harga pokok produk rusak walaupun hanya kecil tapi jika produk rusak setiap bulannya ada bila tidak diperlakukan dengan benar akan menjadi kerugian bagi perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan seharusnya harga pokok produk rusak dibebankan pada produk secara keseluruhan dengan cara memperhitungkan harga pokok produk rusak tersebut ke dalam tarif biaya overhead pabrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272201

Actions (login required)

View Item View Item