Analisis sistem pemberian dan pelunasan kredit gadai pada Perum Pegadaian Cabang Kepanjen / Denik Iryani Fatma - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sistem pemberian dan pelunasan kredit gadai pada Perum Pegadaian Cabang Kepanjen / Denik Iryani Fatma

Denik Iryani Fatma (2008) Analisis sistem pemberian dan pelunasan kredit gadai pada Perum Pegadaian Cabang Kepanjen / Denik Iryani Fatma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini kondisi perekonomian Indonesia semakin terpuruk yang menyebabkan banyak masyarakat menghadapi permasalahan khususnya dalam bidang keuangan (financial). Perum Pegadaian merupakan salah satu lembaga keuangan nonperbankan yang memiliki kegiatan utama memberikan pinjaman (kredit) kepada masyarakat dengan persyaratan tertentu. Begitu besar tugas dan tanggung jawab yang di emban oleh Pegadaian namun tetap diharapkan agar perusahaan mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada nasabahnya. Semua itu tidak akan terwujud jika tidak didukung dengan adanya suatu sistem yang baik dalam mengendalikan berbagai kegiatan operasionalnya. Dalam penulisan Tugas Akhir ini berusaha untuk menganalisis sistem pemberian dan pelunasan kredit gadai serta pengendalian yang ada di Perum Pegadaian Cabang Kepanjen. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode pemecahan masalah yang digunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu mengolah data yang berbentuk kalimat uraian atau pemikiran yang logis maupun teori-teori yang digunakan oleh perusahaan.Adapun tahapan dalam analisis deskriptif kualitatif yaitu (1) Mempelajari alur dan prosedur secara umum dalam buku pedoman. (2) Identifikasi prosedur yang berhubungan dengan penggunaan kredit yang menggunakan barang jaminan dan pelunasannya. (3) Pemeriksaan langsung terhadap data-data yang berkenaan dengan pendistribusian dan dokumentasi yang berkenaan dengan penggunaan kredit. Berdasarkan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dapat diketahui bahwa sistem pemberian dan pelunasan kredit di Perum Pegadaian sudah cukup baik dimana proses pencatatanpun sudah komputerisasi dan manual serta terlihat adanya pembagian tugas dan tanggung jawab dari masing-masing fungsi namun pada Perum Pegadaian Cabang Kepanjen terdapat salah satu fungsi yang belum terpisahkan yaitu fungsi administrasi. Berdasarkan hasil penulisan Tugas Akhir ini dapat disarankan agar dibentuk pemisahan fungsi antara fungsi administrasi dengan penaksir serta pembagian tugas yang jelas sesuai dengan fungsinya sehingga hal ini akan dapat meningkatkan pengendalian intern dalam pelaksanaan operasional serta efektifitas dan efisiensi perusahaan akan lebih tercapai apabila masing-masing fungsi dapat menjalankan tugasnya secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272193

Actions (login required)

View Item View Item