analisis kinerja keuangan koperasi simpan pinjam karyawan ardjuna periode 2017-2019 / annisa sekar khatulistiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis kinerja keuangan koperasi simpan pinjam karyawan ardjuna periode 2017-2019 / annisa sekar khatulistiwi

Khatulistiwi, Annisa Sekar Khatulistiwi (2021) analisis kinerja keuangan koperasi simpan pinjam karyawan ardjuna periode 2017-2019 / annisa sekar khatulistiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Koperasi Karyawan Ardjuna merupakan salah satu koperasi yang terletak di Kota Malang. Koperasi ini memiliki dua unit usaha yaitu usaha simpan pinjam dan unit usaha pertokoan. Salah satu masalah yang dihadapi Koperasi Karyawan Ardjuna adalah belum pernah melakukan analisis kesehatan koperasi untuk menilai kinerjanya sesuai dengan Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 06/Per/Dep.6/IV/2016 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi sehingga koperasi perlu melakukan analisis kinerja keuangan untuk menilai kinerja dan perkembangan koperasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan cara menghitung rasio keuangan dengan rumus sesuai dengan Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 06/Per/Dep.6/IV/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pada Koperasi Karyawan Ardjuna selama tahun 2017-2019. Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penilaian atas kinerja keuangan koperasi pada tahun 2017 memperoleh predikat penilaian ldquo Dalam Pengawasan rdquo dengan skor yang diperoleh sebesar 64 15 pada tahun 2018 skor yang diperoleh sebesar 67 9 dengan predikat penilaian ldquo Cukup Sehat rdquo dan pada tahun 2019 skor yang diperoleh sebesar 65 4 dengan predikat penilaian ldquo Dalam Pengawasan rdquo . Terdapat beberapa aspek yang masih belum mencapai skor maksimal diantaranya yaitu aspek permodalan aspek kualitas aktiva produktif aspek manajemen aspek efisiensi aspek likuditas serta aspek kemandirian dan pertumbuhan. Koperasi perlu meningkatkan modalnya dengan meningkatkan simpanan wajib dan simpanan pokok anggota mensyaratkan agunan kepada anggota untuk meminimalisir pinjaman berisiko melengkapi aspek manajemen dan meningkatkan pendapatan agar koperasi bisa mencapai skor yang maksimal sehingga bisa memperoleh predikat ldquo Sehat rdquo . Adapun saran dari penulis untuk koperasi adalah agar koperasi melakukan pemisahan antara laporan keuangan Unit Simpan Pinjam (USP) dan Unit Konsumsi (UK) dan melaksanakan penilaian terhadap kinerja koperasi agar koperasi dapat menilai tingkat kesehatan dan kinerjanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272181

Actions (login required)

View Item View Item