Analisis sistem pengendalian internal atas penggajian pada UMKM KIA Sport Lawang Kab. Malang / Ghosi Murtadho - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sistem pengendalian internal atas penggajian pada UMKM KIA Sport Lawang Kab. Malang / Ghosi Murtadho

Murtadho, Ghosi (2021) Analisis sistem pengendalian internal atas penggajian pada UMKM KIA Sport Lawang Kab. Malang / Ghosi Murtadho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem pengendalian internal pada dasarnya dirancang untuk memudahkan manajemen dalam mengawasi perusahaan. Terdapat hubungan antara sistem akuntanasi dengan sistem sistem pengendalian internal dikarenakan ketika dalam sistem akuntansi yang baik maka pengendalian internal juga baik pula melalui sistem tersebut maka pengawasan akan membuat pelaksanaannya menjadi lebih terkontrol dengan baik. Salah satu rancangan yang dibuat adalah sistem akuntansi penggajian. Untuk menghindari permasalahan mengenai sistem akuntansi penggajianmaka diperlukan adanya suatu sistem pengendalian internal. Dengan menerapkan pengendalian internal maka diharapkan bisa menyelesaikan masalah pembayaran gaji supaya tidak terjadi kesalahan dalam pembayaran jumlah gaji yang tidak sesuai penjumlahan yang tidak sesuai atau masalah lain yang dapat menghambat kinerja karyawan akan menurunkan produktivitas UMKM serta kemungkinan terjadinya pemborosan yang akan dikeluarkan pada periode tertentu. Penulisan laporan tugas akhir bertujuan untuk mendeskripsikan mekanisme sistem akuntansi penggajian pada UMKM KIA SPORT serta menganalisis sistem akuntansi penggajian nya sehingga dapat mengevaluasi sistem pengendalian internal penggajian. Metode yang digunakan dalam pemecahan maslaah ini adalah deskriptif yaitu informasi yang telah dikumpulkan dengan metode observasi dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis kepada pemilik penulis menemukan kesimpulan bahwa terdapat dua sistem penggajian pada UMKM KIA SPORT yaitu sistem penggajian untuk karyawan tetap dan karyawan tidka tetap/ selain itu ditemukan beberapa kelemahan atau maslaah di dalam KIA SPORT seperti sistem penggajian yang amsih banyak harus diperbaiki serta pengendalian internal yang lemah sehingga sistem tersebut belum berjalan dengan baik.untuk mencegah atau mengatasi masalah tersebut maka penulis memberikan beberapa saran seperti perlu adanya absensi secara manual dan juga menggunakan alat seperti fingerprint penggunaan fungsi pencatatan waktu dengan baik dan juga koreksi dua arah dalam perhitungan gaji pada UMKM KIA SPORT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272169

Actions (login required)

View Item View Item