Analisis sistem pengendalian internal terhadap persediaan bahan baku pada UMKM Udin Bakery / Herlas Tia Alin Dekayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sistem pengendalian internal terhadap persediaan bahan baku pada UMKM Udin Bakery / Herlas Tia Alin Dekayani

Dekayani, Herlas Tia Alin (2022) Analisis sistem pengendalian internal terhadap persediaan bahan baku pada UMKM Udin Bakery / Herlas Tia Alin Dekayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persediaan bahan baku merupakan aset penting dalam perusahaan yang berperan dalam proses produksi yang diolah menjadi bahan jadi. Pada pelaksanaannya dibutuhkan sistem pengendalian internal pada aktivitas operasional perusahaan untuk meminimalisir kehilangan dan kerusakan bahan baku. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi penerapan sistem pengendalian internal terhadap persediaan bahan baku yang telah dilakukan oleh UMKM Udin Bakery. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kelemahan dan harus diperbaiki pada sistem pengelolaan bahan baku serta pengendalian internal yang dilakukan oleh UMKM Udin Bakery. Kelemahan tersebut antara lain ditemukan beberapa bahan baku pada gudang yang kemasannya telah terbuka atau rusak serta beberapa bahan baku yang hilang. Penulis memberikan saran untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dan permasalahan Udin Bakery berupa pembuatan bagian atau divisi baru pembuatan dokumen yang digunakan sebagai pengendali bahan baku dan rekomendasi pengelolaan bahan baku yang efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272162

Actions (login required)

View Item View Item