Penyusunan laporan keuangan berbasis sak EMKM pada UMKM konveksi "bikininaja Indonesia" di Kota Malang / Andika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyusunan laporan keuangan berbasis sak EMKM pada UMKM konveksi "bikininaja Indonesia" di Kota Malang / Andika

Andika, Andika (2022) Penyusunan laporan keuangan berbasis sak EMKM pada UMKM konveksi "bikininaja Indonesia" di Kota Malang / Andika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu pelaku ekonomi yang berperan penting di dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Namun ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh para pelaku UMKM antara lain tentang penyusunan laporan keuangan rendahnya literasi keuangan kurang memahami tentang Standar Akuntansi Keuangan (SAK) serta tidak ada pelatihan tentang penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Penelitian ini dimaksudkan untuk membantu UMKM Konveksi ldquo Bikininaja Indonesia rdquo di Kota Malang untuk membantu menyusun laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM) per 31 Maret 2021. Selanjutnya hasilnya dapat memberikan contoh model laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM membantu pihak UMKM sebagai pengambilan keputusan mengenai rencana atau strategi keberlanjutan usaha dan membantu pelaku usaha dalam menjalin kerjasama dengan pihak ketiga atau pemodal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Konveksi Bikininaja Indonesia per 31 Maret 2021 mengalami keuntungan sebesar Rp27.822.317. Pemilik UMKM Konveksi ldquo Bikininaja Indonesia rdquo belum membuat laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM) karena kurangnya pengetahuan. Penyusunan laporan keuangan oleh peneliti dapat dijadikan model untuk perbaikan dalam menyajikan laporan keuangan yang selama ini dikerjakan dinilai kurang efektif. Pemilik usaha dapat menggunakan terus-menerus di periode selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 02:10
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272158

Actions (login required)

View Item View Item