Pengembangan laporan keuangan pada UMKM kerupuk puli berbasis microsoft excel / Firda Ayu Sonia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan laporan keuangan pada UMKM kerupuk puli berbasis microsoft excel / Firda Ayu Sonia Putri

Putri, Firda Ayu Sonia (2022) Pengembangan laporan keuangan pada UMKM kerupuk puli berbasis microsoft excel / Firda Ayu Sonia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

UMKM Kerupuk Puli merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak memproduksi kerupuk dalam kemasan. Seiring dengan perkembangan UMKM Kerupuk Puli pencatatan keuangan masih dilakukan secara sederhana atau manual book yang hanya mencatat pengeluaran dan pemasukakan kas sehingga kurang terperinci dan rentan kehilangan data. Pemilik UMKM berkeinginan mengembangkan usahanya lebih besar dan melakukan penyusunan laporan keuangan guna meningkatkan dana usaha melalui pinjaman bank. Tujuan penelitian ini untuk membantu UMKM Kerupuk Puli dalam menyusun laporan keuangan secara sistematis menggunakan Microsoft Excel sehingga penyusunan laporan keuangan jauh lebih efesien serta data keuangan tersimpan dengan aman. Pengambilan data primer pada penelitian ini dengan melakukan wawancara dan observasi dengan pemilik UMKM Kerupuk Puli. Sedangkan untuk data sekunder berasal dari kajian pustaka. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (R amp D) model pengembangan ADDIE dengan langkah pengembangan Analisis (Analysis) Desain (Design) Pengembangan (Development) Implementasi (Implementation) Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini menghasilkan aplikasi laporan keuangan berbasis Microsoft Excel yang meliputi neraca laporan laba rugi laporan perubahan ekuitas laporan posisi keuangan dan catatan atas laporan keuangan. Aplikasi laporan keuangan berbasis Microsoft Excel telah melewati uji validasi terhadap validator ahli materi dan validator ahli media serta dilakukan uji coba pada UMKM sehingga aplikasi ini layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272154

Actions (login required)

View Item View Item