Pelaksanaan strategi periklanan sebagai bentuk komunikasi pemasaran pada PT. PLN (PERSERO) distribusi Jawa Timur unit pelayanan Blimbing Malang / Anis Widya Harnita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan strategi periklanan sebagai bentuk komunikasi pemasaran pada PT. PLN (PERSERO) distribusi Jawa Timur unit pelayanan Blimbing Malang / Anis Widya Harnita

Anis Widya Harnita (2007) Pelaksanaan strategi periklanan sebagai bentuk komunikasi pemasaran pada PT. PLN (PERSERO) distribusi Jawa Timur unit pelayanan Blimbing Malang / Anis Widya Harnita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring semakin berkembangnya dunia bisnis dan perubahan situasi dunia akibat teknologi yang semakin pesat merupakan tuntutan pada zaman era globalisasi saat ini yang menjadikan persaingan seakan tanpa henti. Dalam kondisi persaingan yang sangat ketat pemasaran menjadi faktor yang paling penting pada suatu perusahaan baik perusahaan jasa maupun dagang. Pemasaran merupakan salah satu fungsi pokok perusahaan untuk menjalankan dan mempertahankan kelangsungan hidup serta mengembangkan usaha guna mendapatkan tujuan yang sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh perusahaan. Upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan ke arah perkenalan produk untuk mempengaruhi konsumen yaitu melalui bauran promosi salah satu diantaranya yaitu periklanan. Periklanan merupakan salah satu bagian dari bauran promosi yang digunakan untuk menyebarluaskan informasi suatu produk ke masyarakat luas serta menarik konsumen untuk melakukan pembelian yang bersifat masa atau luas yang dilakukan melalui sebuah media yang memerlukan pembayaran. Mengingat betapa pentingnya periklanan dalam sebuah perusahaan karena betapapun berkualitasnya suatu produk pelayanan yang bagus dan harga yang menarik apabila konsumen belum mendengar dan tidak yakin produk itu akan berguna bagi mereka maka mereka tidak akan pernah membelinya. Baik tidaknya periklanan yang dilakukan sangat ditentukan oleh seberapa baik strategi yang diterapkan. Dalam melaksanakan strategi periklanan pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Unit Pelayanan Blimbing Malang yaitu pertama menetapkan tujuan dilihat siapa target sasarannya keunggulan dari produk atau jasa yang diiklankan dan kapan iklan harus dipublikasikan. Sasaran pada iklan Pangkas listrik antara pukul 17.00 - 22.00 matikan dua lampu saja cukup membantu yaitu semua pelanggan atau masyarakat. Pada iklan PRAQTIS memiliki beberapa daya tarik yaitu berupa kemudahan dalam melakukan pembayaran agar tidak repot untuk pergi ketempat PLN langsung karena letaknya yang jauh dari rumah. Iklan pada PT. PLN (Persero) bisa dipublikasikan kapan saja agar pelanggan atau masyarakat dapat mengetahui suatu produk layanan dari PLN. Kedua penetapan anggaran periklanan merupakan keputusan yang paling penting. Hal ini merupakan kegiatan dari strategi periklanan setelah penetapan tujuan. Dalam penetapannya Berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan terhadap iklan yang akan dipublikasikan. Pada iklan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Unit Pelayanan Blimbing Malang dalam penetapan anggaran periklanannya sudah ditentukan langsung dari pusat. Ketiga Dalam pemilihan media periklanan untuk mempromosikan suatu produk layanannya PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Unit Pelayanan Blimbing Malang menggunakan media-media periklanan meliputi (1) media cetak berupa surat kabar dan majalah (2) media elektronik berupa televisi dan radio (3) media luar ruang berupa baleho poster spanduk dan brosur (4) media lini bawah berupa kalender. Kesimpulan yang diperoleh dari penulisan ini pelaksanaan strategi periklanan pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur UP. Blimbing Malang. Pada penetapan tujuan periklanan yang pertama adalah penentuan target sasarannya yaitu semua pelanggan PLN atau masyarakat. Kedua tujuan dari iklan yang ditayangkan. Ketiga dalam penayangan iklan PLN bisa dipublikasikan kapan saja. Penentuan anggarannya sudah ditentukan langsung dari PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pusat jaringan Malang. Kemudian PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan Blimbing tinggal merencanakan dan melaksanakan. Sedangkan pada pemilihan media periklanan meliputi media cetak media elektronik media luar ruang dan media lini bawah. Berdasarkan hasil kesimpulan yang didapatkan maka saran yang didapat yaitu pertama Sebaiknya ada pengawasan secara langsung terhadap pegawai yang bertugas melaksanakan strategi periklanan agar kegiatan periklanan dapat berjalan lancar guna mencapai tujuan yang diinginkan. Kedua Pada pemasangan spanduk sebaiknya tidak hanya dipasang di kantor atau di sekitar PLN saja melainkan diletakkan pada tempat-tempat yang strategis. Ketiga Sebaiknya dilakukan penyebaran brosur jadi tidak hanya diletakkan ditempat itu saja agar pelanggan atau masyarakat bisa mengetahui tentang iklan PLN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272111

Actions (login required)

View Item View Item