Ana Berlian (2008) Penerapan strategi customer relationship management pada USP KUD Tani Jaya Puncu Kediri / Ana Berlian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan ekonomi nasional saat ini telah menunjukkan perbaikan dan diprediksi akan terus mengalami peningkatan. Persaingan yang semakin ketat telah mendorong perusahaan begitu juga koperasi untuk dapat mempertahankan eksistensinya dengan jalan merumuskan strategi yang baru dan sesuai dengan kondisi perusahaan. Salah satu strategi yang dapat diambil perusahaan adalah customer relationship management yang merupakan faktor penting dalam membina hubungan yang baik dengan para nasabah. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui karakteristik nasabah pada USP KUD Tani Jaya Puncu Kediri berdasarkan faktor geografis demografis dan psikologis mengetahui penerapan strategi customer relationship management pada USP KUD Tani Jaya Puncu Kediri serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi customer relationship management pada USP KUD Tani Jaya Puncu Kediri. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa karakteristik nasabah pada USP KUD Tani Jaya Puncu Kediri yang didasarkan pada faktor geografis demografis dan psikologis adalah sebagian besar masyarakat yang berasal dari Kecamatan Puncu dengan pendidikan minimal SD serta berasal dari semua golongan ekonomi dengan memenuhi syarat yang ditentukan. Penerapan strategi CRM pada USP KUD Tani Jaya Puncu Kediri dapat dikatakan cukup baik karena telah didukung oleh database nasabah yang berperan penting dalam pengambilan keputusan pelayanan yang tepat sasaran serta keluwesan dalam pelayanan kepada nasabah. Faktor pendukung dalam penerapan CRM adalah faktor domosili nasabah dengan pegawai yang sama di wilayah Kecamatan Puncu sistem pelayanan yang baik kepada nasabah dan database yang memuat data diri nasabah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketidakprofesionalan salah satu pegawai USP yang memberikan pinjaman kepada nasabah yang merupakan saudara dari pegawai tersebut tetapi tidak memenuhi persyaratan calon debitur sehingga menyebabkan kredit macet. Untuk menciptakan strategi CRM yang baik maka perusahaan disarankan agar sebaiknya tidak hanya menonjolkan pelayanan yang berkualitas pada nasabah yang sudah loyal namun juga berusaha menarik nasabah baru agar menjadi loyal terhadap perusahaan sebaiknya manager USP dapat menanamkan profesionalisme kerja terhadap para pegawainya agar hambatan dalam penerapan CRM tidak terulang kembali sebaiknya menyediakan kotak saran dan kritik agar nasabah dapat leluasa menyatakan keluhannya tanpa khawatir identitasnya diketahui pihak USP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Mar 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/272109 |
Actions (login required)
View Item |