Pelaksanaan strategi bauran promosi pada Pitstop Pool & Coffebar Malang / Erwan Septa Hardoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan strategi bauran promosi pada Pitstop Pool & Coffebar Malang / Erwan Septa Hardoyo

Erwan Septa Hardoyo (2003) Pelaksanaan strategi bauran promosi pada Pitstop Pool & Coffebar Malang / Erwan Septa Hardoyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan zaman yang berjalan cepat ditandai dengan era globalisasi membawa dampak ke berbagai bidang. Salah satu dampak yang muncul akibat globalisasi adalah semakin ketatnya persaingan dunia usaha dimana teknologi informasi semakin canggih yang ditunjukan dengan semakin cepatnya arus informasi. Cepatnya arus informasi membuat informasi dapat diterima dari sumber informasi ke penerima informasi hanya dalam hitungan detik. Hal tersebut membuat setiap perusahaan berupaya untuk melaksanakan promosi perusahaannya dengan efektif. sehingga diharapkan sesuai dengan tujuan perusahaan. Komunikasi pemasaran merupakan usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan produk di pasar. Promosi merupakan media perusahaan dalam melakukan komunikasi pemasaran. Kegiatan promosi adalah salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran kerena promosi merupakan salah satu strategi bauran pemasaran yang cukup penting. Komunikasi pemasaran dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu mendengarkan bereaksi dan berbicara sampai tercipta hubungan pertukaran yang saling memuaskan kedua belah pihak. Tujuan utama dari promosi ini adalah menginformasikan kepada konsumen agar melakukan pembelian terhadap barang yang ditawarkan. Gabungan beberapa jenis promosi yang sering digunakan dinamakan bauran promosi. Bauran promosi adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam mempromosikan produknya dengan elemen-elemen didalamnya adalah periklanan promosi penjualan hubungan masyarakat dan penjualan perseorangan. Dalam penyusunan tugas akhir diawali dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) penulis berusaha untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi bauran promosi di PiTSTOP POOL COFFEEBAR serta strategi manakah yang banyak diterapkan oleh PiTSTOP POOL COFFEEBAR. PKL dilaksanakan di PiTSTOP POOL COFFEEBAR dimulai tanggal 19 February 2007 sampai dengan 19 Maret 2007. Hasil pengamatan yang dilakukan menunjukkan bahwa PiTSTOP POOL COFFEEBAR melaksanakan strategi bauran promosi yaitu (1) periklanan (2) promosi penjualan dan (3) hubungan masyarakat serta (4) penjualan perseorangan. Strategi yang paling efektif dan sering digunakan adalah strategi periklanan. Strategi periklanan yang dipilih disesuaikan isi informasi pasar sasaran serta tujuan periklanan. Dari hasil pengamatan di PiTSTOP POOL COFFEEBAR dapat disimpulkan bahwa strategi bauran promosi yang diterapkan sudah efektif karena disesuaikan dengan situasi dan kondisi perusahaan serta kondisi pasar pada umumnya sehingga tujuan dari penggunaan promosi itu dapat dicapai. Sedangkan saran-saran yang dapat penulis berikan antara lain (1) adalah perusahaan harus mengevaluasi dan memperhitungkan dari sekian banyak media promosi yang digunakan manakah yang paling efektif dan tepat sasaran yang kemudian digunakan sebagai media promosi (2) Karena persaingan yang sangat ketat maka dibutuhkan strategi bauran promosi yang kreatif dan inovatif dengan menyesuaikan kondisi perusahaan dan juga kondisi pasar (3) sebelum melaksanakan kegiatan pemasaran khususnya promosi hendaknya perusahaan memperhatikan kondisi intern perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2003 04:29
Last Modified: 09 Sep 2003 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272091

Actions (login required)

View Item View Item