Strategi diversifikasi produk pada konfeksi Puspa Sari Malang / Ayu Dwi Septiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi diversifikasi produk pada konfeksi Puspa Sari Malang / Ayu Dwi Septiana

Ayu Dwi Septiana (2007) Strategi diversifikasi produk pada konfeksi Puspa Sari Malang / Ayu Dwi Septiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Diera globalisasi persaingan semakin ketat untuk itu perusahaan-perusahaan harus dapat mengikuti persaingan tersebut. Salah satu upaya tertentu dalam meningkatkan penjualan adalah dengan melaksanakan strategi diversifikasi produk. Diversifikasi produk adalah menciptakan produk baru dipasar yang baru sehingga produk tersebut dapat menarik perhatian konsumen guna meningkatkan penjualan dan laba perusahaan. Perusahaan perlu mempertimbangkan strategi diversifikasi karena produk merupakan salah satu faktor penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Agar suatu perusahaan tetap eksis di pasaran maka perusahaan tersebut harus dapat menegtahui produk apa yang menjadi keinginan pasar baik produk yang sudah ada maupun produk baru. Perusahaan konveksi Puspa Sari Malang merupakan industri garmen rumah tangga (home industry garnent) yang didirikan oleh Bapak K.H. Syamsul Arif pada tahun 1978. Perusahaan ini memproduksi sekaligus menjual produk pakaian jadi mulai jenis rok anak usia 4-8 tahun dengan pasar sasaran seperti di Pasar Besar Kepanjen dan Sumber Pucung. Sedangkan diluar kota Malang seperti Jember Lumajang Surabaya dan Pasuruan. Pengembangan usaha dilakukan dengan berbagai macam strategi antara lain dari segi pemasaran. Wujud nyata dari strategi tersebut adalah pelaksanaan diversifikasi produk untuk memperluas cakupan pasar yang ada. Strategi diversifikasi yang dilakukan oleh perusahaan konfeksi Puspa Sari yaitu diversikasi konsentris. Perusahaan ini menciptakan dengan peralatan yang baru dan lebih modern tanpa meninggalkan produk lamanya yaitu pakaian anak-anak. Perusahaan konfeksi Puspa Sari mulai membuat pakaian untuk dewasa dengan jenis busana muslim dan baju takwa untuk pria. Semakin berkembang perusahaan mulai membuat mukena calana hem untuk pria kaos jubah jaket jilbab dan topi. Tujuan dari pelaksanaan diversifikasi produk pada perusahaan konfeksi Puspa Sari adalah untuk meraih konsumen baru dan menghindari atau menghilangkan kejenuhan produk serta memperluas pasar. Di konfeksi Puspa Sari awalnya hanya memproduksi pakain anak-anak tapi sekarang dengan perkembangan jaman dan permintaan dari konsumen dan pasar perusahaan mulai menambahkan jumlah jenis produksinya yaitu pakaian untuk kaum pria dan pakaian untuk wanita dan asesoris lainnya seperti jilbab dan peci. Kemudian dilanjut dengan pembuatan seragam untuk anak-anak sekolah sampai seragam untuk para karayawan kantor. Disamping itu perusahaan ini mulai memproduksi jaket kaos dan celana. Setiap jenis pakaian diberi merek yang berbeda untuk jenis pakaian wanita diberi merek Puspa Sari untuk jenis pakaian laki-laki diberi nama Busana Abadi dan untuk jenis pakaian anak-anak diberi merek Sari .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272086

Actions (login required)

View Item View Item