Ratnasari Oktavia (2008) Pelaksanaan strategi penetapan harga tiket masuk pada taman belajar dan rekreasi Jawa Timur Park (Jatim Park) Batu / Ratnasari Oktavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Strategi penetapan harga tiket sangat berperan dalam rangka menarik pengunjung. Penetapan harga yang tepat akan menghasilkan keuntungan yang sangat besar bagi perusahaan. Harga merupakan salah satu elemen bauran pema-saran yang memegang peranan penting karena harga adalah satu-satunya elemen bauran pemasaran yang memberikan pemasukan secara langsung dibandingkan dengan elemen bauran pemasaran lainnya. Strategi penetapan harga sendiri dibagi menjadi tiga yaitu (1) Satisfaction-Based Pricing (2) Relationship Pricing (3) Efficiency Pricing. Tujuan dari penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk mengetahui (1) Metode penetapan harga apa yang digunakan oleh Taman Belajar dan Rekreasi Jatim Park Batu (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi penetapan harga tiket masuk pada Jatim Park. (3) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh Jatim Park dalam menetapkan harga. Penelitian ini dilakukan dengan cara melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan dan membuat format kegiatan yang akan ditandatangani setelah pelaksanaan kegiatan. Selama 4 minggu masa praktek penulis ditempatkan pada arena empat arena pembelajaran. Pada minggu pertama penulis di tempatkan pada Galeri Belajar Kimia dan Biologi pada minggu kedua di rolling pada Taman Belajar Science Centre Taman Fisika menjadi tempat pelaksanaan PKL pada minggu ketiga dan terakhir penulis di tempatkan pada Galeri Etnik Nusantara. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Taman Belajar dan Rekreasi Jatim Park selama melaksanakan PKL diperoleh data sebagai berikut (1) Metode penetapan harga yang digunakan oleh Jatim Park adalah Metode Penetapan Harga Rate of Return yang didasarkan dari penetapan harga tiket masuk yang digunakan untuk menutupi biaya-biaya yang dikeluarkan misalnya saja biaya operasional dan Metode Penetapan Harga Break-even yang menggunakan penetapan harga sebagai biaya yang dapat menutupi kerugian dari wahana permainan yang kurang diminati seperti Remote Boat dan ditutupi dengan biaya dari permainan yang diminati seperti Spinning Coaster. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi penetapan harga tiket pada Jatim Park adalah faktor persaingan faktor biaya dan elastisitas permintaan dan dalam praktiknya Jatim Park sudah bisa mengatasi hal-hal tersebut. 3) Faktor pendukung dalam menetapkan harga tiket pada Jatim Park adalah faktor pesaing dan minat pengunjung untuk berkunjung pada Jatim Park. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keadaan ekonomi masyarakat kenaikan biaya operasional dan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Tarif Dasar Listrik (TDL). Dengan adanya laporan Praktek Kerja Lapangan ini diharapkan bagi pihak manajemen Jatim Park untuk (1) Lebih memaksimalkan penerapan metode penetapan harga break-even karena metode ini sangat cocok dilaksanakan pada Jatim Park (2) Memasang pamflet tentang 3 wahana baru yang ditawarkan pada tahun ini agar dipasang lebih banyak dan diletakkan pada tempat-tempat umum yang strategis. Agar supaya calon pengunjung lebih tertarik untuk me-ngunjungi Jatim Park dan mengadakan pembaharuan terhadap fasilitas permainan yang terdapat di area Game Zone sehingga pengunjung lebih tertarik akan permainan yang ditawarkan. Karena selama ini pengunjung hanya lewat saja dan tidak tertarik untuk mencoba permainan yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/272084 |
Actions (login required)
View Item |