Dewi Machrani Nasution (2008) Penerapan strategi bauran promosi dalam menjaring calon jamaah haji dan umroh pada Linda Jaya Tours and Travels Malang / Dewi Machrani Nasution. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan dunia usaha dari waktu ke waktu semakin tidak terbendung hal ini dapat kita lihat dari semakin menjamurnya perusahaan-perusahaan yang kemudian berimplikasi pada ketatnya persaingan antara perusahaan termasuk perusahaan-perusahaan biro perjalanan haji dan umroh. Dan yang salah satunya adalah Linda Jaya Tour and Travel yang berdiri sebagai imbas dari banyaknya permintaan pasar yang dimana banyak calon jamaah haji yang ingin mendapatkan fasilitas serta kemudahan yang lengkap dan praktis. Disamping ibadah haji yang dijadikan sebagai suatu usaha Linda Jaya Tour and Travel juga melayani perjalanan umroh yang terlebih lagi pada saat ini perjalanan umroh merupakan suatu trend dimana dengan adanya perjalanan umroh ini mengalami pelonjakan yang cukup drastis sebab ada pandangan dari beberapa konsumen bahwa sebelum berangkat haji alangkah baiknya bila umroh terlebih dahulu sebagai suatu ujian sebelum melaksanakan ibadah haji. Dalam rangka merebut dan menguasai serta mempertahankan pasar sasarannya Linda Jaya Tour and Travel Malang juga harus melakukan kegiatan-kegiatan promosi yang dilaksanakan secara obyektif guna menjaring calon jamaah haji dan umroh seperti yang diharapkan. Dimana Linda Jaya. Tour and Travel Cabang Malang yang beralamat di Jl. Soekarno-Hatta Kav.IA-B Malang yang berkantor pusat di Jl. Ngagel Jaya No. 30-32 Surabaya dan mulai berdiri sejak tahun 1970 hingga sekarang. Dalam penerapan strategi bauran promosi biro perjalanan haji dan umroh Linda Jaya Tour and Travel Malang terdapat jenis bauran promosi yang digunakan antara lain adalah melalui media periklanan penjualan perseorangan promosi penjualan dan hubungan masyarakat. Strategi bauran promosi yang paling efektif digunakan adalah semua dari strategi promosi yang dilakukan yang saling mendukung dengan program promosi yang lain namun yang paling menonjol adalah periklanan. Dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi bauran promosi pada Linda Jaya Tour and Travel Malang dalam upaya menjaring calon jamaah haji dan umroh sudah cukup untuk mencapai tujuan akhir dari masing-masing strategi promosi meskipun kadang masih ada kekurangan didalam pelaksanaannya. Sedangkan dalam pelaksanaan strategi bauran promosi terdapat faktor pendukung antara lain 1) Memiliki brand image (2) Layanan yang profesional (3) Komitmen yang tinggi (4)Strategi yang tepat sasaran (5) Kemampuan manajerial. Sedangkan faktor penghambat antara lain (1) Persaingan yang ketat (2) Ketersediaan dana promosi (3) SDM yang kurang memadai (4) Fasilitas kantor yang kurang optimal (5) Banting harga. Berdasarkan hasil praktikum ini saran yang dapat disampaikan oleh penulis adalah (1) Pihak manajemen perlu menambah jumlah tenaga SDM yang diposisikan sebagai pemasar (2) Perlu adanya insentif yang menarik kepada calon konsumen sasaran (3) Upaya-upaya strategis lainnya dalam rangka peningkatan mutu pelayanan (5) Dalam bidang marketing perlu mendapat perhatian khusus dan terus menggencarkan promosi dalam menarik konsumen sebanyak-banyaknya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/272081 |
Actions (login required)
View Item |