Penyortiran uang dalam meningkatkan pelayanan jasa untuk mencapai kepuasan nasabah pada PT. Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu / Dwi Yuli Anita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyortiran uang dalam meningkatkan pelayanan jasa untuk mencapai kepuasan nasabah pada PT. Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu / Dwi Yuli Anita

Dwi Yuli Anita (2008) Penyortiran uang dalam meningkatkan pelayanan jasa untuk mencapai kepuasan nasabah pada PT. Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu / Dwi Yuli Anita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perusahaan yang bergerak dibidang keuangan selalu melaksanakan kegiatan usaha keuangan. Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang keuangan adalah bank. Perbankan mencakup bidang yang sangat luas. Tidak hanya kegiatan yang berhubungan dengan simpan menyimpan uang dan pemenuhan dana masyarakat tetapi hampir seluruh aspek kehidupan manusia tidak terlepas dari kegiatan perbankan Perbankan sekarang ini saling bersaing untuk menarik perhatian masyarakat dan nasabahnya masing-masing. Untuk menarik perhatian nasabah peningkatan pelayanan kepada nasabah sangat tepat sekali. Pekerjaan sehari-hari bank adalah berupa pelayanan dan pelayanan yang baik untuk nasabah akan mendapatkan nilai positif bagi pihak nasabah. Penyortiran uang kartal merupakan salah satu bentuk layanan nasabah guna mencapai kepuasan pelanggan atau nasabah. Kegiatan penyortiran uang kartal ini harus dilakukan seluruh lembaga keuangan perbankan. PT. Bank Central Asia (BCA) salah satu bank yang melakukan penyortiran uang. Kegiatan penyortiran uang ini dilakukan baik yang berada di kantor pusat cabang pusat maupun kantor cabang pembantu. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah (1) mengetahui proses penyortiran uang yang dilaksanakan di PT. BCA Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu (2) mengetahui manfaat dilakukannya penyortiran uang di PT. BCA Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu dan (3) mengetahui tujuan dilakukannya penyortiran uang di PT. BCA Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu (4) mengetahui implementasi strategi pelayanan pelanggan terhadap kegiatan penyortiran uang di PT. BCA Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu. Dalam penulisan Tugas Akhir ini data atau informasi diperoleh dengan melakukan pengamatan atau observasi. Pengamatan dilakukan penulis selama menjalankan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. BCA Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu. Di PT. BCA Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu penulis juga melakukan wawancara dengan beberapa pihak diantaranya wawancara dengan bagian pimpinan kantor cabang pembantu staf bagian penyortiran uang dan sebagian nasabah. Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. BCA Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan mulai tanggal 13 September sampai 12 Oktober 2007. Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. BCA Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu ini dilakukan tepatnya dibagian penyortiran uang dan melaksanakan beberapa tugas yang berhubungan dengan kegiatan pengarsipan. Dalam pelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. BCA Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu tidak lepas dari berbagai faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan kegiatan. Salah satu faktor pendukung pelaksanaan penulis diberikan kesempatan untuk mempelajari isi tentang perbankan dan informasi tentang perbankan. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan kegiatan adalah lokasi yang sangat jauh. Lokasi yang jauh sangat melelahkan penulis karena harus pulang pergi dari Malang - Batu dan Batu - Malang. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa tahap-tahap penyortiran uang pada PT. BCA Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu sebagai berikut 1) head teller menghitung jumlah nominal sekaligus mengelompokkan uang yang diterima dari para teller 2) head teller kemudian menyerahkan uang tersebut kepada bagian cash vault 3) bagian cash vault menghitung ulang uang yang diterimanya 4) bagian cash vault menyortir uang tersebut berdasarkan kelayakan edar dan nominal masing-masing 5) menghitung kembali uang hasil sortiran dengan mesin uang dan dibendel per 100 lembar sesuai nominal masing-masing 6) memberi ban pada uang 7) penyimpan uang di ruang khasanah. Manfaat dari kegiatan penyortiran uang di PT. BCA Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu adalah untuk menemukan uang palsu serta menghindari uang palsu tersebut beredar lagi ke masyarakat untuk mempermudah dalam pengisian uang dalan mesin ATM dan untuk memuaskan nasabah. Implementasi strategi pelayanan nasabah yang dilakukan PT. BCA Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu adalah strategi pelayanan unggul. Bertitik tolok dari hasil penelitian ini maka penulis dapat memberikan beberapa saran diantaranya adalah kualitas jasa yang telah diberikan kepada nasabah PT. BCA Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu hendaknya terus terjaga dan ditingkatkan perlu penambahan alat hitung uang atau mesin uang khususnya mesin uang jatuh agar dalam perhitungan uang yang terlalu lusuh lebih mudah dan perlu ditingkatkannya ketelitian dalam penyortiran uang baik bagi pihak teller maupun cash vault agar tidak menerima uang palsu dari nasabah atas setoran yang dilakukan para nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272079

Actions (login required)

View Item View Item