Pelaksanaan strategi diversifikasi produk pada Pitstop Pool & Coffeebar Malang / Asrori Iswahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan strategi diversifikasi produk pada Pitstop Pool & Coffeebar Malang / Asrori Iswahyudi

Asrori Iswahyudi (2007) Pelaksanaan strategi diversifikasi produk pada Pitstop Pool & Coffeebar Malang / Asrori Iswahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era yang semakin maju ini pada umumnya setiap perusahaan mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk dapat berkembang dengan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari produk yang diproduksi dan dipasarkan. Dan agar dapat mewujudkan tujuan tersebut perusahaan harus memiliki stategi dan target yang baik agar perusahaan tersebut dapat menghadapi berbagai masalah baik dari luar maupun dari dalam perusahaan dan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan adalah dengan adanya persaingan yang sangat ketat antara perusahaan yang sejenis maupun yang tidak. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat tersebut para produsen harus dapat menghasilkan produk yang tepat dan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Oleh karena itu diperlukan strategi diversifikasi produk (penganekaragaman produk) agar dapat menarik perhatian konsumen tersebut guna meningkatkan penjualan dan laba perusahaan. Strategi diversifikasi produk dilakukan oleh suatu perusahaan sebagai akibat dilaksanakannya pengembangan produk sementara produk lama secara ekonomis masih dapat dipertahankan. Strategi ini sangat diperlukan sebagai salah satu cara untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar dari suatu jenis produk tertentu dengan mengembangkan dari jenis produk yang ada. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi diversifikasi produk pada PiTSTOP POOL COFFEEBAR mengetahui produk apa saja di dalam pelaksanaan strategi diversifikasi ini dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam strategi diversifikasi pada PiTSTOP POOL COFFEEBAR. Strategi diversifikasi produk yang diterapkan pada PiTSTOP POOL COFFEEBAR adalah strategi diversifikasi kosentris dan horizontal. Strategi diversifikasi kosentris merupakan strategi yang memperkenalkan produk-produk baru yang masih berhubungan dengan produk yang sudah ada baik dari pemasarannya maupun tekhnologinya. Sedangkan strategi diversifikasi horizontal merupakan strategi pengambangan produk yang sudah ada. Produk-produk yang didiversifikasi adalah food and beverage. Selain itu ada beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan strategi diversifikasi ini antara lain keterlambatan pengiriman bahan baku oleh supplier kurangnya peralatan produksi. Sedangkan faktor pendukung strategi ini adalah banyaknya supplier yang mendukung keaneka ragaman jenis bahan baku. Kesimpulan yang dapat diambil penulis adalah pelaksanaan strategi diversifikasi produk yang dilakukan oleh PiTSTOP POOL COFFEEBAR adalah pelaksanaan strategi diversifikasi kosentris dan horizontal. Dimana srategi ini dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan namun demikian target pasar yang dituju kurang mengetahui produk itu sendiri. Saran yang dikemukakan penulis antara lain Perusahaan harus lebih mendekatkan produk dengan education pasar supaya konsumen mengetahui mengapa produk itu perlu bagi konsumen itu sendiri sehingga produk tersebut lebih dikenal perusahaan harus dapat mengolah produknya dengan baik agar kualitas yang dimiliki produk juga baik perusahaan lebih meningkatkan kinerja dan prasarana untuk menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272077

Actions (login required)

View Item View Item