Penerapan strategi bauran pemasaran pada toko buku Gramedia Basuki Rahmat Malang / Dini Oktapiany - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi bauran pemasaran pada toko buku Gramedia Basuki Rahmat Malang / Dini Oktapiany

Dini Oktapiany (2008) Penerapan strategi bauran pemasaran pada toko buku Gramedia Basuki Rahmat Malang / Dini Oktapiany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini perekonomian Indonesia mengalami situasi yang sulit dengan adanya berbagai kejadian seperti adanya pemboman kerusuhan dan lain sebagainya yang memperburuk keadaan. Dampak dari situasi ini dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat baik para pelaku bisnis maupun masyarakat pada umumnya. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya perusahaan yang mengalami kepailitan selama situasi tersebut berlangsung. Di tengah persaingan yang semakin ketat perusahaan dituntut untuk bisa menerapkan strategi pemasaran yang paling tepat dan sesuai dengan keadaan pasar. Untuk dapat menciptakan suatu manajemen pasar yang baik maka perusahaan harus melakukan analisis-analisis di lingkungan luar yaitu terjun langsung ditengah-tengah masyarakat yang merupakan pangsa pasar perusahaan. Dengan sistem pemasaran yang baik maka perusahaan akan dapat menentukan langkah-langkah pemasaran untuk memperluas pangsa pasarnya. Praktikum Manajemen Pemasaran III pada Toko Buku Gramedia Basuki Rahmat Malang dilaksanakan selama satu bulan yaitu mulai tanggal 1 September 2007 6 Nopember 2007. Selama kegiatan praktikum penulis ditempatkan untuk menjaga toko dan pada bagian gudang. Namun demikian penulis diberikan kebebasan untuk memperoleh data sehubungan dengan penyusunan Tugas akhir. Strategi bauran pemasaran pada Toko Buku Gramedia Basuki Rahmat Malang meliputi empat bauran yaitu produk harga distribusi dan promosi. Penerapan strtaegi produk pada Toko Buku Gramedia Basuki Rahmat Malang dilakukan merlalui diversivikasi dan diferensiasi produk yang dimiliki. Selain itu pengadaan produk proses produksi dan display produk juga menjadi bagian dalam strategi produk yang dilakukan oleh Toko Buku Gramedia Basuki Rahmat Malang. Penerapan strategi harga pada Toko Buku Gramedia Basuki Rahmat Malang dilakukan melalui faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga suatu produk. Jenis-jenis harga yang digunakan metode serta penetapan harga juga menjadi bagian dalam penetapan harga pada toko buku ini. Penerapan strategi distribusi pada Toko Buku Gramedia Basuki Rahmat Malang dimulai dari lokasi pendirian perusahaan yang strategis berada di pusat kota. Sedangkan saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi tidak langsung dan saluran distribusi langsung. Penerapan strategi promosi pada Toko Buku Gramedia Basuki Rahmat Malang dilakukan melalui media promosi periklanan berupa pemasangan spanduk dan pembagian brosur promosi penjualan melalui diskon bursa buku murah dan kupon berhadiah. Sedangkan media promosi penjualan pribadi dan publisitas berupa promo happy hour persentasi tidak langsung terhadap konsumen. Faktor penghambat dan pendukung strategi pemasaran di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmat Malang saling berkaitan. Faktor pendukung antara lain kualitas produk lokasi yang strategis dan lain-lain. Sedangkan faktor penghambat antara lain banyaknya pesaing daya beli konsumen yang berubah-ubah. Kesimpulan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Buku Gramedia Basuki Rahmat Malang melalui empat bauran pemasaran yaitu penerapan strategi produk penerapan strategi harga penerapan strategi distribusi dan penerapan strategi promosi. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Buku Gramedia Basuki Rahmat Malang perlu ditingkatkan lagi supaya dapat lebih baik ke depan serta dapat menguasai pangsa pasar. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan menambah differensiasi produk kualitas pelayanan ditingkatkan promosi yang digunakan harus lebih efektif dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272075

Actions (login required)

View Item View Item