Penerapan strategi pemasaran produk jasa pemeriksaan kesehatan pada laboratorium klinik \"Mensana\" Medical Centre Malang / Fety Dwi P.W. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pemasaran produk jasa pemeriksaan kesehatan pada laboratorium klinik \"Mensana\" Medical Centre Malang / Fety Dwi P.W.

Fety Dwi P.W. (2007) Penerapan strategi pemasaran produk jasa pemeriksaan kesehatan pada laboratorium klinik \"Mensana\" Medical Centre Malang / Fety Dwi P.W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingan dalam era globalisasi dewasa ini semakin ketat dan tak terbendung lagi. Hal ini mengharuskan semua perusahaan untuk mempunyai strategi agar tetap bertahan dan mengikuti persaingan. Tak terkecuali dengan Laboratorium Klinik Mensana Medical Centre Malang yang produknya berupa jasa pemeriksaan kesehatan. Perusahaan harus dapat mensosialisasikan produknya karena pangsa pasar yang semakin luas dan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan kesehatan. Oleh karena itu Laboratorium Klinik Mensana Medical Centre Malang harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produknya terlebih lagi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Strategi pemasaran merupakan proses analisis perencanaan implementasi dan pengendalian yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Praktikum Manajemen Pemasaran III pada Laboratorium Klinik Mensana Medical Centre Malang dilaksanakan selama satu bulan yaitu mulai tanggal 10 September 2007 10 Oktober 2007. Selama kegiatan praktikum penulis ditempatkan pada bagian keuangan dan administrasi serta Front Office pasien umum. Penulis bertugas untuk membuat Medical Report atas pemeriksaan kesehatan pasien PJTKI dan pasien umum setelah tugas tersebut selesai penulis membantu di bagian Front Office pasien umum. Namun demikian penulis diberikan kebebasan untuk memperoleh data sehubungan dengan penyusunan Tugas Akhir. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Laboratorium Klinik Mensana Medical Centre Malang dikelompokkan menjadi dua yaitu bauran pemasaran dan program pemasaran. Bauran pemasaran tersebut meliputi kebijakan dalam hal produk harga tempat promosi layanan pelanggan (Customer Service) orang dan proses. Sedangkan program pemasaran meliputi segmentasi pasar penetapan pasar sasaran dan penetapan posisi pasar. Faktor pendukung strategi pemasaran pada Laboratorium Klinik Mensana Medical Centre Malang terdiri dari (1) nama besar Kartini Medical Centre (2) adanya dukungan dari pihak perusahaan dan para karyawan untuk memperlancar strategi pamasaran (3) terjalinnya kerja sama yang baik dengan mitra kerja (4) semakin tingginya ancaman kesehatan di era globalisasi. Sedangkan faktor penghambat stategi pemasaran Laboratorium Klinik Mensana Medical Centre Malang meliputi (1) kurangnya promosi (2) kurangnya tenaga pemasok (3) dilaksanakannya strategi pemasaran kreatif (4) adanya pesaing yang kuat di pasar (5) hubungan yang tidak harmonis antara pihak manajemen dan karyawan. Dalam rangka memperbaiki strategi pemasarannya hal-hal yang perlu dilakukan oleh Laboratorium Klinik Mensana Medical Centre Malang adalah (1) perusahaan harus lebih berhati-hati untuk menetapkan harga produk (2) penambahan jumlah tenaga pemasar (3) peningkatan kualitas dan kuantitas strategi promosi (4) pengintegrasian layanan pelanggan (Customer Service) dengan tenaga pemasar (5) memperbaiki hubungan antara pihak manajemen dengan karyawan (6) peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) karyawan. Berdasarkan penelitian ini maka saran yang dapat dikemukakan adalah (1) Laboratorium Klinik Mensana Medical Centre Malang harus terus memperbaiki penerapan strategi pemasaran produk jasa pemeriksaan kesehatannya dalam rangka merebut pangsa pasar dan menghadapi persaingan (2) Laboratorium Klinik Mensana Medical Centre Malang harus berhati-hati dalam menetapkan harga produk (3) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa Laboratorium Klinik Mensana Medical Centre Malang harus meningkatkan dan memperbaiki sistem pelayanannya untuk memperoleh daya saing kompetitif (4) harus tercipta suatu hubungan kerja sama yang baik antar semua bagian dalam perusahaan untuk mendukung pencapaian visi dan misi perusahaan (5) memberikan kesempatan yang lebih banyak bagi karyawan untuk terlibat dalam pembuatan keputusan perusahaan (6) adanya kajian yang lebih lanjut mengenai aspek lain pada Laboratorium Klinik Mensana Medical Centre Malang di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272074

Actions (login required)

View Item View Item