Penerapan customer relationship sebagai upaya menjaga kesetiaan masyarakat dalam penyewaan lahan di BKAD Kota Malang / Farida Islamia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan customer relationship sebagai upaya menjaga kesetiaan masyarakat dalam penyewaan lahan di BKAD Kota Malang / Farida Islamia

Islamia, Farida (2022) Penerapan customer relationship sebagai upaya menjaga kesetiaan masyarakat dalam penyewaan lahan di BKAD Kota Malang / Farida Islamia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Customer Relationship merupakan upaya untuk membangun kesetiaan pelanggan kepada perusahaan. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini yaitu hubungan masyarakat dan pemerintahan yang memiliki dua sudut pandang berbeda. Hubungan yang baik antara pemerintah dan penyewa lahan memudahkan dalam proses ijin pembayaran perpanjangan. Subyek yang dipergunakan sebagai sumber data laporan adalah Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Malang. Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Malang merupakan salah satu unit dibawah naungan Pemerintah Kota Malang yang mengelola aset kekayaan daerah. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk pelayanan yang diberikan oleh BKAD Kota Malang untuk masyarakat yang menyewa dan menggunakan lahan yang dikuasi oleh pemerintah Kota Malang (2) untuk mengetahui prosedur pelayanan yang diberikan oleh BKAD Kota Malang (3) untuk mengetahui strategi customer relationship yang diterapkan di BKAD Kota Malang. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan menunjukkan bahwa Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Malang telah menerapkan strategi customer relationship dengan baik. Untuk tetap membangun kesetiaan penyewa lahan maka pihak BKAD Kota Malang perlu menjaga komunikasi dan menjalin hubungan yang baik dengan penyewa lahan agar selanjutnya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari penerapan strategi customer relationship tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272051

Actions (login required)

View Item View Item