Game disinfectman sebagai edukasi penggunaan disinfektan untuk mencegah penularan covid-19 / Muhammad Haris Berliansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Game disinfectman sebagai edukasi penggunaan disinfektan untuk mencegah penularan covid-19 / Muhammad Haris Berliansyah

Berliansyah, Muhammad Haris (2021) Game disinfectman sebagai edukasi penggunaan disinfektan untuk mencegah penularan covid-19 / Muhammad Haris Berliansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Virus Covid-19 yang diumumkan WHO sebagai pandemi global membuat pemerintah dan masyarakat mulai menerapkan protokol kesehatan diantaranya adalah disinfeksi menggunakan cairan kimia khusus yang diperuntukan untuk benda mati. Akan tetapi terdapat beberapa kesalah pahaman penggunaan cairan disinfektan pada tubuh manusia yang dapat membahayakan kesehatan. Hal ini dikarenakan cairan yang digunakan untuk disinfektan mengandung bahan kimia seperti diluted bleach (larutan pemutih) klorin etanol ammonium kuarterner serta hydrogen peroksida yang berbahaya bagi tubuh. Untuk menghilangkan kesalah pahaman tersebut dirancanglah game Disinfectman sebagai media edukasi sekaligus hiburan yang diharapkan dapat menghilangkan kesalah pahaman penggunaan cairan disinfeksi pada masa pandemi Covid-19. Metode perancangan yang digunakan dalam pengembangan game ini merupakan metode ADDIE yang menggambarkan sistematik pengembangan bertahap untuk mendapatkan hasil yang sesuai kebutuhan. Tahapan yang ada pada prosedur ADDIE yaitu analisis desain pengembangan implementasi evaluasi. Game disinfectman ini dikembangkan menggunakan aplikasi pengembang game Unity Game Engine yang menggunakan bahasa pemrograman C dan aplikasi Adobe Photoshop dalam pembuatan aset 2D. Untuk memastikan game dapat dimainkan dilakukan uji coba black box sebagai upaya untuk menemukan error atau bug yang ada dalam game uji coba ini menunjukan bahwa secara umum game berjalan lancar. Game ini berbasis WEB GL HTML5 yang dimainkan secara daring pada situs itch.io.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > D3 Game Animasi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272024

Actions (login required)

View Item View Item