Perancangan augmented reality homo wajakensis figure toy untuk museum daerah Kabupaten Tulungagung / Marzuqi Novantadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan augmented reality homo wajakensis figure toy untuk museum daerah Kabupaten Tulungagung / Marzuqi Novantadi

Novantadi, Marzuqi (2022) Perancangan augmented reality homo wajakensis figure toy untuk museum daerah Kabupaten Tulungagung / Marzuqi Novantadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Objek wisata edukasi berbasis sejarah seperti museum daerah merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan dan diperoleh manfaatnya oleh berbagai pemerintah daerah di Indonesia karena setiap daerah pasti memiliki benda cagar budaya dan temuan sejarah asli yang tidak terdapat atau tidak ditemui di daerah lain. Fossil tengkorak Homo Wajakensis adalah salah satu temuan khas di Kabupaten Tulungagung yang tidak akan ditemukan di daerah lain. Penemuan fosil tersebut juga menjadi titik awal pencarian spesies dan leluhur manusia di seluruh Pulau Jawa. Pengembangan aplikasi Kamera AR dan figure toy 3D yang dilakukan dengan metode prosedural yang merepresentasikan temuan Homo Wajakensis bertujuan untuk menambah fasilitas museum daerah Kabupaten Tulungagung dalam mengenalkan fosil Homo Hajakensis. Pengembangan tersebut menghasilkan aplikasi berupa Augmented Reality Camera untuk gawai Android dan File 3D Replika manusia wajak yang bisa dicetak. Aplikasi tersebut telah diujicobakan secara langsung pada Museum Daerah Kabupaten Tulungagung. Pengembangan aplikasi ini memiliki tujuan agar pemerintah daerah dapat memiliki referensi untuk melakukan peningkatan pengalaman kunjungan untuk para wisatawan baik yang mengunjungi museum maupun objek wisata lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > D3 Game Animasi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272008

Actions (login required)

View Item View Item