Perancangan motion graphic tentang upaya pembebasan Irian Barat / Nasrylla Alya Taqia - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan motion graphic tentang upaya pembebasan Irian Barat / Nasrylla Alya Taqia

Taqia, Nasrylla Alya Taqia (2022) Perancangan motion graphic tentang upaya pembebasan Irian Barat / Nasrylla Alya Taqia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejarah Pembebasan Irian Barat merupakan salah satu peristiwa yang begitu penting karena melibatkan operasi militer terbesar di Indonesia. Sayangnya minat mempelajari sejarah pada remaja begitu rendah padahal banyak sekali nilai yang dapat diambil bagi generasi muda sebagai penerus bangsa. Media animasi memiliki beberapa keunggulan yaitu dapat menjelaskan suatu informasi tanpa memakan waktu yang banyak yang salah satunya adalah motion graphic. Hal ini sangat cocok untuk digunakan untuk menjelaskan sejarah pembebasan Irian Barat karena motion graphic dapat menjelaskan materi yang sulit dijelaskan secara konvensional. Oleh karena itu perancangan ini bertujuan untuk merancang animasi dengan teknik motion graphic tentang sejarah pembebasan Irian Barat kepada para remaja yang diharapkan bisa meningkatkan minat dalam mempelajari sejarah Indonesia. Tahapan pada perancangan ini terdiri dari pra produksi produksi dan pasca produksi. Setelah animasi sudah dibuat dilakukan tahap validasi dan uji media hasil penilaian oleh ahli materi mendapatkan indeks skor 90 67% yang artinya memiliki kriteria sangat baik dan penilaian oleh kelompok skala kecil mendapatkan indeks skor 84 24% yang memiliki kriteria baik. Ada pula saran yang diberikan oleh ahli media dan respondens yaitu mencantumkan referensi tujuan indicator dan penggunaan audio pada animasi diperjelas. Hasil dari perancangan ini diunggah pada media Youtube dan Instagram karena kedua media tersebut memiliki pengguna aktif terbesar adalah kalangan remaja yang diharapkan bisa menjadi media pembelajaran tidak hanya bagi remaja tapi juga untuk guru dan siswa juga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > D3 Game Animasi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272007

Actions (login required)

View Item View Item