Perancangan motion comic untuk meluruskan stigma masyarakat terhadap penderita skizoprenia / Umi Kulsum - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan motion comic untuk meluruskan stigma masyarakat terhadap penderita skizoprenia / Umi Kulsum

Kulsum, Umi (2021) Perancangan motion comic untuk meluruskan stigma masyarakat terhadap penderita skizoprenia / Umi Kulsum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skizofrenia merupakan salah satu gangguan jiwa berat yang memiliki gejala utama berupa halusinasi serta munculnya waham atau delusi. Saat ini penderita skizofrenia di Indonesia cukup banyak yaitu sebanyak 6 7% dari seluruh penduduk. Walaupun jumlah penderita sudah banyak ternyata pengetahuan masyarakat tentang skizofrenia masih rendah. Hal itu menyebabkan penderita menerima stigma buruk dari masyarakat sehingga penderita sulit untuk mendapatkan kesembuhan dan hidup layak. Tulisan ini bertujuan untuk merancang komik untuk meluruskan stigma masyarakat terhadap penderita skizofrenia. Metode yang digunakan adalah ADDIE (Analysis Design Developed Implementation Evaluation) model. Hasil dari perancangan produk ini menghasilkan produk akhir berupa video berformat mp4 yang memiliki durasi sebanyak 7 menit 5 detik. Produk ini sudah dipublikasikan melalui situs web youtube. Berdasarkan hasil survey dengan responden sebanyak 20 orang melalui google form yang diolah menggunakan metode skala Likert menunjukkan bahwa sebanyak 91 6% responden menyambut baik motion comic ini. Selain itu hal tersebut menunjukkan bahwa motion comic ini bisa menjadi media informasi tentang skizofrenia yang diharapkan bisa meluruskan stigma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > D3 Game Animasi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272005

Actions (login required)

View Item View Item