Perancangan komik digital sebagai media edukasi Slow Fashion untuk remaja / Karin Munaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan komik digital sebagai media edukasi Slow Fashion untuk remaja / Karin Munaningtyas

Munaningtyas, Karin (2022) Perancangan komik digital sebagai media edukasi Slow Fashion untuk remaja / Karin Munaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku remaja yang cenderung suka ikut-ikutan dan ingin diterima oleh lingkungan dapat mendorong munculnya keinginan untuk mengkonsumsi atau membeli barang fashion bukan didasarkan oleh kebutuhan melainkan sebagai sebuah simbol status. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya konsumsi fast fashion berlebih. Dimana industri fashion memproduksi pakaian dengan jumlah banyak dan cepat demi memenuhi permintaan pasar dengan harga yang murah. Budaya konsumtif ini dapat menyebabkan sampah tekstil over-konsumsi. Untuk itu muncul istilah slow fashion. Berbanding terbalik dengan fast fashion konsep slow fashion adalah quality over quantity yaitu mengedepankan kualitas daripada kuantitas. Tujuan yang ingin dicapai dalam perancangan ini yaitu menghasilkan sebuah komik digital yang dapat menyadarkan masyarakat khususnya remaja untuk segera mengurangi sampah tekstil dan segera memulai slow fashion. Dengan menggunakan metode 4D (Define Design Development Disseminate) perancangan ini menghasilkan komik digital berjudul Sudden Whim. Bercerita tentang seorang remaja yang memiliki sifat konsumtif karena ingin terlihat cantik komik ini diunggah di platform komik digital Line Webtoon. Berdasarkan data yang diambil dari 41 responden dengan presentase hasil akhir sebesar 90.1% dapat disimpulkan bahwa perancangan ini menghasilkan komik yang dapat menjadi salah satu upaya untuk mengedukasi remaja tentang slow fashion.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > D3 Game Animasi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272004

Actions (login required)

View Item View Item