Mastri : komik digital untuk memotivasi remaja dalam optimalisasi manajemen waktu / Tondy Raja Panjaitan - Repositori Universitas Negeri Malang

Mastri : komik digital untuk memotivasi remaja dalam optimalisasi manajemen waktu / Tondy Raja Panjaitan

Panjaitan, Tondy Raja Panjaitan (2022) Mastri : komik digital untuk memotivasi remaja dalam optimalisasi manajemen waktu / Tondy Raja Panjaitan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komik merupakan media visual yang paling dikenal sebagai media informasi atau hiburan yang popular dikalangan remaja. Komik yang biasa dibaca oleh remaja cenderung ke genre fiksi drama dan komedi. Rendahnya semangat dan motivasi untuk mengembangkan potensi diri demi mempersiapkan masa depan yang cerah sesuai dengan cita-cita membuat remaja cenderung mengisi waktu luang dengan kegiatan tidak bermanfaat. Salah satu faktor yang menjadi penyebabnya yaitu media hiburan yang tidak mendidik. Waktu dan tenaga remaja menjadi teralihkan dari hal-hal yang penting seperti belajar pengembangan diri dan persiapan masa depan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan komik digital untuk memotivasi remaja dalam optimalisasi manajemen waktu. Penelitian ini menggunakan metode perancangan dengan menggunakan alur tahapan seperti pra tahap produksi dan tahap pasca produksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa komik digital ini bermanfaat bagi masyarakat terutama dikalangan remaja serta membuat remaja yang berada di bangku sekolah semakin termotivasi dan dapat mengelola manajemen waktu dengan baik. Setelah melakukan survey dengan 40 resonden menunjukkan bahwa komik ldquo Mastri rdquo sangat baik dengan menunjukkan skala nilai 88 9% sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui komik memiliki kesan positif dan cukup efektif untuk memberikan edukasi tentang memotivasi diri untuk memanajemen waktu dari sebuah cerita yang berdasarkan mahasiswa santri tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > D3 Game Animasi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272002

Actions (login required)

View Item View Item