Pengembangan bahan ajar mata kuliah pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar / Ria Fajrin Rizqy Ana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata kuliah pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar / Ria Fajrin Rizqy Ana

Ana, Ria Fajrin Rizqy (2022) Pengembangan bahan ajar mata kuliah pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar / Ria Fajrin Rizqy Ana. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rizqyana Ria Fajrin. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreativitas Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Disertasi Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Prof. Dr. Hari Wahyono M.Pd. (III) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd Kata Kunci bahan ajar pembelajaran tematik berpikir kritis kreativitas Mata kuliah Pembelajaran tematik merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa PGSD semester IV dengan beban 3 SKS. Permasalahan yang muncul dari segi mahasiswa yaitu sebagian besar mahasiswa belum mampu menyusun RPP model tematik mahasiswa belum mampu mengembangkan model pembelajaran tematik secara kritis dan kreatif mahasiswa belum mampu menentukan tema yang tepat sebagai payung dari berbagai disiplin ilmu yang akan diajarkan. Permasalahan dari segi dosen yaitu ketika melaksanakan pembelajaran menggunakan ceramah berupa penyampaian materi dengan media Power Point dan pemberian tugas kelompok yang kurang memperhatikan karakteristik mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengembangkan bahan ajar mata kuliah pembelajaran tematik bagi mahasiswa PGSD yang terdiri dari buku ajar dilengkapi dengan RPS (2) menguji efektivitas bahan ajar mata kuliah pembelajaran tematik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Model desain pengembangan menggunakan Dick and Carey. Subjek Uji coba produk melalui uji ahli pembelajaran ahli isi bidang studi ahli media pembelajaran uji perorangan uji kelompok dan uji lapangan pada mahasiswa PGSD semester IV angkatan 2019. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi angket tes keterampilan berpikir kritis dan kreativitas. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar mata kuliah pembelajaran tematik bagi mahasiswa PGSD mempunyai karakteristik yang berisikan nilai-nilai berpikir kritis dan kreativitas serta komponen perangkat pembelajaran yang harus diterapkan pada mahasiswa program studi PGSD sebagai calon guru Sekolah Dasar. Mahasiswa maupun dosen PGSD menyatakan bahwa bahan ajar ini harus dikembangkan dan diterapkan sebagai bekal mahasiswa yang kelak akan menjadi tenaga pendidik khususnya di SD. Dari hasil penelitian produk yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan pada mata kuliah pembelajaran tematik prodi PGSD. Bahan ajar ini telah dinilai layak berdasarkan hasil evaluasi produk pada tahap validasi oleh ahli pembelajaran ahli isi bidang studi ahli media uji kelompok dan uji lapangan. Bahan ajar yang dikembangkan terbukti cukup efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Dari hasil perhitungan uji N-gain score 0.59 kategori sedang N-gain persen 59 48% dalam kategori cukup efektif nilai signifikansi uji t N-gain 0 000 lt 0 05 ada perbedaan efektivitas yang signifikan (nyata) antara penggunaan bahan ajar yang dikembangkan peneliti dengan bahan ajar yang sudah ada untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa PGSD. Bahan ajar yang dikembangkan terbukti cukup efektif meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD dibuktikan dari rata-rata N-gain score 0 66 kategori sedang N-gain persen 66 60% termasuk dalam kategori cukup efektif nilai signifikansi uji t N-gain 0 000 lt 0 05 ada perbedaan efektivitas yang signifikan (nyata) antara penggunaan bahan ajar yang dikembangkan peneliti dengan bahan ajar yang sudah ada dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271961

Actions (login required)

View Item View Item